adv

CARA MEMBUAT BANGUNAN MAKET ARSITEKTUR (bag 3 versi 1)

ini lanjutan cara membuat maket bag 2. untuk bagian 3, saya membuat 2 tulisan yang sama tapi dengan kata-kata yang berbeda. lihat ditulisan CARA MEMBUAT BANGUNAN MAKET ARSITEKTUR (bag 3 versi 2), karena mungkin ada yang kurang paham, terimakasih

Siapkan.
fotocopy layout plan, denah tampak
  • Kalian bisa membuat bangunan secara terpisah ataupun langsung menempel di layout plan kali ini adalah maket luar, tanpa dibuka bagian dalam.

1. Tempelkan layout plan pada tapak.
#Stop. Kita berpindah ke bangunan
  • Persiapan lantai

 2. Tempelkan bangunan pada kertas karton 3x (kertas gajah) atau pada kertas kinstrik, gunting sesuai pola.
denah yang sudah dipotong
  • Persiapan dinding. 
3. dinding yang akan dibuat adalah dinding yang menerus, buatlah persegi panjang.

*panjang dinding sama dengan ukuran keliling denah.

*Tinggi, menyesuaikan dengan tinggi tertinggi

tanda pada dinding setipa lekukan


4. Buat sayatan kecil (tidak sampai robek) pada lapisan dalam dinding pada tiap dinding yang akan di bengkokkan

proses membuat sayatan kecil

Hasilnya akan seperti ini
seluruh bagian yang sudah disayat


untuk print kalian harus membuat tampak yang menerus pada dinding
tampak dengandinding menerus
Sekarang sesuaikan dinding dengan tampak bangunan. Kalian bisa melakukannya dengan di tempel atau di print atau pensil, tetapi kalau di print. Potong bagian atas sesuai pola.
pemotongan sesuai tampak
seluruh dindig sudah di potong
Selanjutnya buatlah jendela. Pintu dan bagian-bagiannya. Kusen bisa menggunakan 3 cara
  1. Print.
  2. Drawing pen/rapido. Dan bagian dalam langsung menggunakan mika-plastik atau akrilik.
  3. Bisa juga membuatnya secara 3 dimensi. Dengan menempelkan kertas pada bagian dalam dan melubanginya lagi
jendela secara 3d
Tempelkan dinding pada denah yang awal tadi.
proses penempelan
Lengkapi dinding dengan hiasan sesuai desain. Mulai dari shading device, kanopi, kayu tempel, batu. (bisa print atau manual)
melengkapi detail bangunan
  • Persiapan atap
Bahan atap bisa terbuat dari
kertas gelombang 1 sisi.
Kardus yang sudah ditarik lapisan dalamnya
kertas yang dipotong-potong menjadi garis-garis memanjang
Kertas print
Kertas kinstrik, dengan memberi goresan tipis berupa garis.

Kemudian sesuaikan dengan pola, apa bila tidak punya polanya. Tempelkan ke dinding dan beri teritisan secara langsung
mulai pemasangan atap
Ok. terakhir tempelkan pada layout plan

penempelan di layout plan
jadilah maket bangunan, siap dihias dengan vegetasi.
maket siap di lengkapi
untuk yang baru baca. silahkan buka bagian pertamanya dulu. klik disini dan untuk cara membuat alas klik disini

Penting : harap tidak mengcopy paste seluruh artikel ini. silahkan buat artikel sejenis dengan tulisan kalian sendiri.
boleh melakukan screenshoot atau print screen asal menulis sumber yang ada. (belajarlah kreatif) apalagi calon arsitek

5 Responses to "CARA MEMBUAT BANGUNAN MAKET ARSITEKTUR (bag 3 versi 1)"

  1. bisa download template bangunannya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Fitroh. Karena filenya sudah hilang. Terimakasih

      Delete
  2. Mas mau tanya kertas (colormount,duplex,kingstrik) bisa beli dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg pasti di toko kertas. Domisili? Kalo colourmont kurang tau.

      Klo d malang biasanya beli di Ringgit atau sinar brawijaya. Lain kota. Kurang tau.

      Delete

Mhd_Tama. Powered by Blogger.

hayo...! nguntit.

PENGANTAR

BLOG INI MEMANG TIDAK SEKEREN DAN SEBERKUALITAS BLOG TEMAN-TEMAN SAYA. DENGAN ARTIKEL MENARIK DAN DESAIN YANG MEMUKAU.

KARENA INI ADALAH SAYA. SEMUA TENTANG SAYA.

Leboun-Kabe

berjalan

buku harian? saya mulai menulisnya sejak smp. saat itu ada yang memberi saran seperti itu.

walau saya cowok, tak masalahkan..!

Yang Lalu

Apakah saya tidak boleh kecewa dengan hasil yang saya dapatkan. setelah saya gagal berulang kali.?

PESAN

Maaf. akan Saya abaikan semua mimpi dan ambisi selama ini. dan itu merupakan keputusan yang tidak memerlukan persetujuan dari kalian

Sekarang

Saya begitu benci Arsitektur. begitupun Interior.

saya tidak akan ikut sayembara. saya tidak akan mencari IP, saya juga pasrah dengan tugas saya.

Hari yang lalu

Saya menjalani dunia yang tidak saya sukai. dunia dimana saya kehilangan jiwa saya.

tetapi saya selalu membanggakan dunia itu agar saya tidak terlihat menyedihkan. # dunia arsitektur.

Situasi

Ada yang sms, dataaang, ngomel dan tidak melakukan apa-apa.

abaikan saja sms geje, sebenarnya datang pun enggan. ngomel?? bingung dengan situasi yang ada aja. tidak melakukan apa-apa. ya seperti alasan sebelumnya.

yang terakhir. memang situ siapa?