adv

5 alasan memilih JURUSAN ARSITEKTUR

arsitektur UIN MALIKI MALANG
ingin bertanya lebih lengkap, silahkan komen diblog ini atau via twitter di @Mhd_Tama

Jurusan Arsitektur atau biasa juga disebut Teknik Arsitektur adalah sebuah Jurusan dimana mahasiswa akan dididik untuk memahami seni dan ilmu merancang bangunan. dimana ketika mahasiswa lulus akan mendapat gelar Sarjana Teknik (S.T ) atau Sarjana Arsitektur (S.Ars). dan setelah melalui perjalanan karir akan menjadi seorang Arsitek. dengan gelar IAI dibelakang namanya.

berita terbaru
Gazebo saintek tetap diminati apapun.cuacanya

Berikut 5 Alasan kenapa harus memilih Teknik Arsitektur

1. Teknik tapi bukan Teknik

Mungkin sedikit rancu ketika kita menyebutnya Teknik Arsitektur, karena pada kenyataannya hitung berhitung disini tidak terlalu  banyak, tapi berhitung tetap di perlukan, jadi kalau anda ingin masuk jurusan teknik, tapi tidak mau pusing dengan hitung berhitung maka jurusan arsitektur cocok bagi anda.

2. Seni tapi tidak disebut jurusan Seni.
Hampir sama dengan alasan teknik tapi bukan teknik. dijurusan arsitektur, kalian akan diajak untuk mengembangkan kreatifitas. bahkan kadang kala kita harus seperti anak TK. tapi seni disini tetap ada batasnya. seni dengan pakem logika struktur.

3.holistik
alasan holistik disini adalah kalian harus menjadi klien dalam memenuhi permintaan dari klien, simpelnya seperti ini. jika kalian diminta membangun Rumah Sakit, maka kalian harus menjadi dokter dan pasien sekaligus, artinya kalian harus mempelajari ilmu kedokteran, yaitu memahami peralatan dokter serta kegunaannya agar dapat menyesuaikan ruangan yang dibutuhkan. dan menjadi pasien sekaligus yaitu memahami psikologi supaya pasien tidak stress dan tetap memperhatikan sisi kemanusiaan. artinya kalian akan memiliki profesi khayalan yang banyak. seperti atlet ketik membangun venue olahraga. terpidana ketika membangun penjara dan lain sebagainya, jadi jika kalian suka dengan banyak hobi, mungkin ini jurusan yang cocok

4. Hobi Menggambar. atau pengen bisa gambar.
Tentu ini adalah alasan yang paling banyak digunakan oleh calon mahasiswa arsitektur. buat yang hobi gambar, kemampuan kalian memang banyak mendukung. tapi buat yang tidak bisa gambar, jangan berkecil hati dulu, tenang saja, kalian akan diajari cara menggambar dari awal. bahkan tak jarang, anak yang tidak bisa menggambar memiliki hasil yang lebih baik dalam karyanya. Jadi. bisa gambar ataupun tidak. nggak masalah, choose architecture... kuliah disini jangan hanya jadi juru gambar.



5. Gampang ngobrol dengan jurusan lain
mungkin sedikit lucu ketika saya mengatakan hal itu. tapi kenyataanya ketika kalian jadi mahasiswa arsitektur. maka kalian akan menyatu dengan sendirinya. Dengan Anak Sipil. tenang saja kalian mempelajari Struktur dan logikanya walau tidak terlalu mendalam. dengan anak Elektro. tentu saja bisa, kalian akan belajar Utilitas. dengan anak Psikologi. jangan ditanya, kalian mempelajari psikologi ruang, dan kalian juga akan mempelajari cara menghadapi berbagai macam karakter klien. So. kalian NGGAK AKAN BISA DIBOHONGI OLEH JURUSAN LAIN.

sekian 5 alasan mengapa memilih jurusan Arsitektur.

sebelum komen baca ini dulu. mungkin ada pertanyaan yang sama.
Q & A 1 : seleksi masuk arsitektur. IPA, IPS. SMK. BAHASA. AGAMA

Q & A b2 : Kuliah Arsitektur dimana | masuk jalur apa | sudah lulus?


Lihat pula 5 alasan jangan memilih jurusan Arsitektur

86 Responses to "5 alasan memilih JURUSAN ARSITEKTUR"

  1. Hallo kak! Salam kenal kak, aku Angel, aku lagi search ttg apa aja yg dipelajari di jurusan Arsitektur, dan aku ketemu banyak blog, dan ketemu blog kakak ini, aku comment disana-sini. Hehe. Ini kak aku masih anak SMA, dan ketika nanti lulus aku berencana mau masuk kejurusan Arsitektur kak, tapi aku masih bingung banget ttg apa aja yg dipelajari di jurusan Arsitektur, itu belajarnya fokus ke menggambar atau tidak kak? Kebetulan aku kurang jago malah enggak bisa menggambar kayak bangunan gitu gitu kak, itu gak masalah kan ya? Nanti diajarin kan ya kak?

    ReplyDelete
  2. @angela. arsitektur lebih fokus ke perancangan, gakk bisa gambar no problem, gak bisa merancang...? pasti bisa kok.
    yang dipelajari di arsitektur banyak banget. bukan sekedar ngayal dan gambar. tp nanti ada lingkungan, kota, lanskap, interior, struktur. pokoknya seru, nyebelin, capek, ngeselin semua jadi satu. semoga sukses jadi mahasiswa arsitektur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget. Jarang tidur. Dn lupa waktu pas lagi ngerjain tugas haha.

      So seru banget jd mahasiswa arsitek 😊

      Delete
    2. Setuju banget. Jarang tidur. Dn lupa waktu pas lagi ngerjain tugas haha.

      So seru banget jd mahasiswa arsitek 😊

      Delete
    3. Antara seru dan menyedihkan ya...!

      Delete
  3. kak salam kenal, saya ingin bertanya tentang teknik arsitektur UIN Malang, sewaktu kaka terdaftar menjadi maba disana memakai jalur apa ya kak? apakah kaka tahu berapa daya tampung dan peminat snmptn tahun lalu di teknik arsitektur sini? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  4. @falhan. saya SNMPTN Tulis. (skrang SBMPTN). daya tampung SNMPTN biasanya tertulis 30-40, tp yg d terima biasanya 50. peminat skitar 150-200 aja.tapi total seluruh jalur yg d terima 100-110. tenang gampang kok masuk Arsi UIN, yg sulit adalah bertahannya.
    semoga sukses...!

    g lolos SNMPTN, SBMPTN coba SBM-PTAIN, atau mandiri. biaya gak ada bedanya...

    ReplyDelete
  5. Assalammualaikum Kak, Teknik Arsi yg bagus itu di univ mana Kak?
    Ada yg bilang, semisal kita mau kuliah jurusan A, kalo bisa jangan di univ yang cuma ikut''an temen.
    Cari univ yg di jurusan A itu dianggap terbaik.
    Makasih Kak,

    ReplyDelete
  6. waalaikumsalam.
    teknik arsi yang baik? bingung jawabnya, tiap kampus punya segmentasi yang berbeda.
    contohnya kampus saya arsitekturnya di integrasikan dengan islam.
    klo d ITS? tentunya berbeda.

    untuk jurusan memang sebaiknya pilih yang minimal B. tapi yg akreditasi C belum tentu jelek.
    mungkin masih baru...

    semoga membantu kiki...

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. U're welcome michael. U're blog so awesome. :) thanks for visit.

      Delete
  8. Kak saya habibah,saya mau nanya
    kalau kita mau masuk jurusan arsitek apakah kita harus pandai matematika?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai habibah. Saya termasuk yg biasa aja. Dan buktinya bisa menjalaninya. Arsi hitungannya gak banyak kok.

      Semoga membantu. Terimakasih.

      Delete
  9. kak dari jurusan agama ke arsitek apakah bisa?? masalah mtk kgak ngrti bgt apalagi fisika malah kgak ada mapelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu bisa. Asalkan lolos seleksi y...!

      Mtk fisika. G banyak. Dan g sulit. Yg bikin g betah.

      Delete
  10. Kak mau nanya biaya kuliah arsitek di uin jalur mandiri berapa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biaya arsitek. UIN mn? UIN Malang
      semua jalur sama sesuai UKT persemester

      gol 1. 400 rb
      gol 2. 1.5 jt
      gol 3. 2.7 jt

      tapi jgn lupa ada biaya 5 juta untuk mahad alias wajib asrama 1 tahun.

      Delete
  11. Sbagai alumni arsitek, bener banget artikel yang ditulis di atas, yang paling setuju nomor 5. Makanya arsitektur itu adalah ilmu yang paling kompleks. dimana hampir seluruh pelajaran itu harus di pahami walaupun ga terlalu mendalam. Setidak nya kalau ditanya orang, jawabnya tau (Pengalaman luas) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Terimakasih sharing pengalamannga nas dhans.

      Delete
  12. Kak apa harus jago hitungan mtk fisika?soal ny aku ga ngerti banget fisika

    ReplyDelete
    Replies
    1. G harus jago. Yang penting sekedar tau dan mau dulu...

      Terimakasih

      Delete
  13. Wah blog yang bagus rencana saya tahun depan mau kuliah arsitektur semoga menyenangkan .. karna kuliah di jurusan teknik menjanjikan untuk mencapai karir yang bagus kedepan nya khusus nya yang mau kerja di kontraktor sangat menjanjikan dan sangat di butuh kan

    ReplyDelete
  14. Wah blog yang bagus rencana saya tahun depan mau kuliah arsitektur semoga menyenangkan .. karna kuliah di jurusan teknik menjanjikan untuk mencapai karir yang bagus kedepan nya khusus nya yang mau kerja di kontraktor sangat menjanjikan dan sangat di butuh kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kibo. Menyenangkan? Itu relatif
      Banyak juga tekanannya.

      Semoga lulus seleksi masuk. Dan semoga betah di arsi.
      Terimakasih.

      Delete
  15. Jadi kalo udah masuk arsitek uin malang yg susah bertahannya ya? Pantesan adek sy bru masuk dpt 1 bln arsitek uin udah minta pulang aja... Padahal keluarga sdh seneng, tolong mas mungkin bisa kasi motivasi adek saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Mbak Dyan baru balas. Sebenarnya kehendak itu sulit untuk dibujuk. Soalnya menyangkut kenyamanan. Seperti Saya selama 3 semester awal yang ingin kabur dari Arsitektur. Tapi tenang saja selama dia sudah melewati semester 1. Biasanya tidak akan meninggalkan arsitektur.

      Delete
  16. Kak kan banyak yg bilang kalo jurusan arsi lebih didominasi sama cowok, di uin malang jga kayak gtu kak? Menurut kakak kuliah arsi banyakan suka atau dukanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai farikha aulia. Kalau Arsitektur jumlahnya masih seimbang. Lain halnya dengan Sipil.mungkin dominasi cowok lebih banyak.

      Suka duka. Seimbang kali ya...! Apalagi kalau memang minat dari awal.

      Delete
  17. kak, saya kelas 3 sma. saya bisa dibilang hobi sama matematika,fisika dan menggambar. Akan tetapi, saya tipe orang yang pendiam dan pemalu. Apa saya cocok masuk jurusan arsitektur? tapi saya agak kecewa pas baca kalo ternyata arsitek matematikanya tidak banyak. Apa ada jurusan lain yang bisa kakak saranin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai. Hawa. Jika ingin di dunia seni bina. Selain arsitektur. Kamu bisa pilih teknik sipil. dengan jumlah hitungan matematika yang banyak kamu akan bergerak dibidang perhitungan struktur. Kalau masalah pendiam dan pemalu. Itu akan berubah dengan sendirinya di perkuliahan. tenang saja.

      Yang perlu diingat Biasanya jumlah wanita di sipil tdk sebanyak di arsitektur. Terimakasih semoga sukses dengan pilihannya.

      Delete
  18. Assalamualaikum, salam kenal. Mau tanya, apakah dri setiap university di indonesia dijurusan arsitek ada Beasiswa melanjutkan kuliah diluar ? atau mungkin direkrut dri perusahaan luar untuk bekerja dprusahaan trsbt??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau selurih indonesia kurang tau. Tapi kebanyakan ada. Kalau direkrut. Tergantung kualifikasi kamu selama masa studi.

      Delete
  19. Hai kak. Ada gak ya beasiswa jurusan arsitek masuk ptn atau pts dimana gtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beasiswa. Prestasi . hampir seluruh perguruan tinggi. Kurang mampu. Bisa ikut bidik misi. Semoga membantu.

      Delete
  20. Assalamu'alaikum kak☺ salam kenal☺ kak sayakan masih SMK, sekarang ini sekolah ngambil jurusan tata kecantikan, terus ketika nantik saya kuliah, saya disuruh org tua saya ngambil jurusan arsitek. Nah, itu apa gk susah kak ngejalaninnya? Secara udh beda jalur kak. Terus kalau mau masuk ke jurusan arsitek harus mempelajari pelajarannya terlebih dahulu dulu kak?

    ReplyDelete
  21. Assalamu'alaikum kak☺ salam kenal☺ kak sayakan masih SMK, sekarang ini sekolah ngambil jurusan tata kecantikan, terus ketika nantik saya kuliah, saya disuruh org tua saya ngambil jurusan arsitek. Nah, itu apa gk susah kak ngejalaninnya? Secara udh beda jalur kak. Terus kalau mau masuk ke jurusan arsitek harus mempelajari pelajarannya terlebih dahulu dulu kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'm so sorry. Baru bisa balas setelah sebulan.jurusan apapun bisa. Dan kita mempelajari sesuatu bener-bener dari 0 saat semester 1. Mau seleksi masuk pergururuan tinggi. Ya belajar pelajaran yg diujikan buat lolos tes. Thank you.

      Delete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  24. tes masuk arsitek itu pelajaran apa aja ya ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan ini lagi. Kayak SBMPTN ipa biasanya. Kalo swasta ada tes gambar.
      Semoga membantu. Dan semoga pertanyaan ini tidak terulang lagi.

      Delete
  25. Assalamu'alaikum. Hai kak.. mau tanya kalau kuliah arsitektur harus pandai Matematika dan Fisika ya. Soalnya saya ga pandai matematika dan fisika. Tapi saya minat sekali ingin msuk arsitektur.
    Makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa baca komen diatas"nya. Tidak jago tidak apa.yang penting niat dan mental kuat. Terimakasih.

      Delete
  26. Hay kak, saya Dya. Skrg saya siswa SMA kelas 12, sya mau mauk ke jrusan arsitek yah kak, buat mnggmbr itu sudah bisa saya kuasai, aplgi sya sdh tau jga ntr klo msuk kuliah d ajarin lg ya kan, untuk ilmu ipa saya cukup lah kak tpi ga lebih2 skali, saya sdh tau apa yg akn sya hdpi nnti ktika ingin mnjdi mhsswa arsitek, namun sya di tkuti oleh brita2 yg di anjurkn pda saya, ada yg blng klo matematika itu hrus di kuras lbh dlm, lalu d blng ada yg ga betah kuliah mau kluar dri jrusan itu. Tpi aku ya kin aku bisa, aku sngat mnyukai jurusan itu ka aku siap but ngehadapi nya, tpi itu lh kak sprti yg sya ktakan tdi, sya di takuti dngn brita2 sharing sprt itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berita itu benar. Namun percaya aja deh kalo kuat pasti kuat. Kok. Berita seperti itu menandakan kalau kamu di jurusan arsitek dan bisa lulus artinya kamu luar biasa. Jangan remehkan kami dari anak arsitek. Fighting ya...!

      Delete
  27. Kak apa hal yg mbuat mhsswa arstek itu tdk betah dngn bdang nya itu? Ap krn mreka kurang mncintai bdang itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kurang suka tantangan, kurang bisa menghadapi klien, kurang bisa mengelola waktu, bosan, yang terakhir disuruh sama pacar pindah haluan!

      Delete
  28. Assalamu'alaikum Kak, saya laili mau tanya apa motivasi kakak bisa betah di arsi sampe sekarang? Terus stlah lulus nanti apa ada perusahaan yg sdh bekerjasama dg UIN malang untuk merekrut lulusan arsi?

    ReplyDelete
  29. Waalaikum salam. Motivasi gak ada sih. Kepikiran aja. Kalo pindah jurusan buang-buang duit. Hahaha. Buang-buang waktu Gak lulus" malah dikampus terus.

    G ada kerjasama. Emang ada jurusan arsitek yg bekerjasama dengan perusahaan langsung disalurkan? Mungkin klo jurusan ekonomi, elektro. Gitu ada kali ya!.

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Hay kak, aku maba arsitektur tapi ngga bisa sama sekali nggambar, gimana ya? Apa harus pindah jurusan ke lain atau di lanjutin? Sampai stres banget mikir itu😞

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai rizky. Ngapain mau ganti.gambar itu cuma 3 semester. Selanjutnya pakr komputer semua kok. G bisa gambar. Tak apa.

      Delete
  32. Yap saya setuju dengan perkataan kak Mhd Tama , jadi Arsitek itu gk harus jago menggambar tapi y kalo bisa menggambar lebih bagus. Dan jadi Arsitek itu memang ada kala nya seru dan menyedihkan tapi sebagai calon kita tetap harus tegar dan percaya diri bahwa kita dapat menjadi prof Arsitek 😂😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks kak. William Wu atas komen-nya. Sketsa itu berguna ketika udah jadi bos. Idenya seperti ini. Maka karyawan yg menerjemahkan kedalam gambar lebib jelas. 😎

      Delete
  33. assalamualaikum kakk saya sekarang kelas 3 SMA jurusan IPS saya hobi gambar dan ingin masuk jurusan arsitektur tapi saya masih kurang yakin apakah bisa di SBMPTN nanti pasti saya ambil IPC saya kurang bisa hitungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba dulu ya. Semangat. Tuhan tau jalan terbaik kok.

      Delete
  34. Askum, mau tnya mas bro, utk tapel 17/18 spp tehnik arsitek berapa ya? Dan uang massuknya jg? Kuliah disana bgaimana? Bnyak pengeluaran gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persemester (6 bulan). Dibagi 3 golongan. 2016
      1. 400 ribu.
      2. 2,5 jt.
      3. 3.5 jt.
      Bebas uang masuk. Eh tapi wajib asrama 1 tahun biaya 5 juta. Itu aja.

      Kuliah asik klo di studio. Susah disemester awal.

      Pengeluaran? Gak terlalu banyak. Kecuali semester 1 & 2. Tugas prakarya butuh uang. Tapi hemat tetep bisa kok 😁😁

      Delete
  35. Kak saya diterima 2 univ yg brebda dan jurusan yg berbeda arsitektur dan teknik sipil nah saya bngung sbenerya lbih sulit yang mana nah saya ingin yg lbih mudah ? Trimaksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua-duanya sulit. Arsi mikirin perilaku klo sipil kekuatan. Kalo sukses arsitek lbh terkenal dr sipul. Eh Kalo kamu pengen S2 mending S1 pilih sipil sih. Sukses ya!

      Delete
  36. Assalamualaikum , kak untum teknik arsi lebih banyak menggambar perspektif daripada visual ya kak ? terus denger denger kalo jurusan arsi bisa ga tidur 2-3 hari jadi gimana gitu bayanginnya hehe . terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambar kerja dan 3d modeling (perspektif/visualisasi). Saya selalu tidur setiap hari. Melembur kadang-kadang saja. Semester berat semester 1 dan 2. Selanjutnya udah biasa. Semoga sukses dan betah di arsitektur.

      Delete
  37. Kak, mau tanya.. kenapa saya menemukan banyak jurusan di arsitektur, seperti :
    1.Arsitektur umum
    2.Arsitektur desain
    3.Sejarah arsitektur
    Dll

    Itu maksudnya apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebutan jurusan arsitektur di indonesia.
      1. Teknik arsitektur
      2. Arsitektur
      3. Pendidikan Arsitektur

      Yang kamu sebutkan adalah nama mata kuliah atau jurusan untuk s2.

      Delete
    2. bedanya jurusan teknik arsitektur dengan arsitektur apa ya kak?

      Delete
    3. Hampir sama. Sarjana teknik (ST) dan sarjana Arsitektur (S.Ars). 2 atahun lagi mungkin sudah S.Ars semua

      Delete
  38. Kak saya mau tanya, masuk arsitektur itu harus membuat portofolio ya kak? Klo kita gabisa gambar gmn kak?:'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Negeri tidak perlu. Swasta beberapa diantaranya mensyaratkan tes gambar.

      Delete
  39. Assalamualaikum kak.Nih saya mau nanya..di pikiran saya sudah emang sering kepintas pengen jadi ARSITEK....katanya nih ya, mau masuk arsi itu bagusnya lolos SNMPTN karena tidak perlu lagi menghadapi TES, kan di SNMPTN itu biasanya yg diliat nilai raport kan KK ?? Dan misalnya nih ya...kalo aku tinggalnya di pulau Sumatera bisa ya pilih universitas yg ada di Sulawesi? Kebetulan saya hobi gambar, MTK-fisika insyaallah bisa, Trus akreditasi sekolah kan biasanya buka peluang lumayan lah nah sekolah ku Alhamdulillah A . Jadi gimana nih kak bisa apa nggak pilih universitas beda pulau...😂😂 Kalo lewat jalur SNMPTN...saya pilih di Sulawesi di UHO karena 2017 kemaren buka kuota paling gede se-Indonesia bagi SNMPTN...dan kuota paling dikit buat Jalur mandiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow. Sampai 4 komentar. Prioritas utama tetap dari wilayah asal. Kamu tetap bisa memilih wilayah lain tapi tetap mencantumkan wilayah asal.

      Delete
  40. Assalamualaikum kak.Nih saya mau nanya..di pikiran saya sudah emang sering kepintas pengen jadi ARSITEK....katanya nih ya, mau masuk arsi itu bagusnya lolos SNMPTN karena tidak perlu lagi menghadapi TES, kan di SNMPTN itu biasanya yg diliat nilai raport kan KK ?? Dan misalnya nih ya...kalo aku tinggalnya di pulau Sumatera bisa ya pilih universitas yg ada di Sulawesi? Kebetulan saya hobi gambar, MTK-fisika insyaallah bisa, Trus akreditasi sekolah kan biasanya buka peluang lumayan lah nah sekolah ku Alhamdulillah A . Jadi gimana nih kak bisa apa nggak pilih universitas beda pulau...😂😂 Kalo lewat jalur SNMPTN...saya pilih di Sulawesi di UHO karena 2017 kemaren buka kuota paling gede se-Indonesia bagi SNMPTN...dan kuota paling dikit buat Jalur mandiri

    ReplyDelete
  41. Assalamualaikum kak.Nih saya mau nanya..di pikiran saya sudah emang sering kepintas pengen jadi ARSITEK....katanya nih ya, mau masuk arsi itu bagusnya lolos SNMPTN karena tidak perlu lagi menghadapi TES, kan di SNMPTN itu biasanya yg diliat nilai raport kan KK ?? Dan misalnya nih ya...kalo aku tinggalnya di pulau Sumatera bisa ya pilih universitas yg ada di Sulawesi? Kebetulan saya hobi gambar, MTK-fisika insyaallah bisa, Trus akreditasi sekolah kan biasanya buka peluang lumayan lah nah sekolah ku Alhamdulillah A . Jadi gimana nih kak bisa apa nggak pilih universitas beda pulau...😂😂 Kalo lewat jalur SNMPTN...saya pilih di Sulawesi di UHO karena 2017 kemaren buka kuota paling gede se-Indonesia bagi SNMPTN...dan kuota paling dikit buat Jalur mandiri

    ReplyDelete
  42. Assalamualaikum kak.Nih saya mau nanya..di pikiran saya sudah emang sering kepintas pengen jadi ARSITEK....katanya nih ya, mau masuk arsi itu bagusnya lolos SNMPTN karena tidak perlu lagi menghadapi TES, kan di SNMPTN itu biasanya yg diliat nilai raport kan KK ?? Dan misalnya nih ya...kalo aku tinggalnya di pulau Sumatera bisa ya pilih universitas yg ada di Sulawesi? Kebetulan saya hobi gambar, MTK-fisika insyaallah bisa, Trus akreditasi sekolah kan biasanya buka peluang lumayan lah nah sekolah ku Alhamdulillah A . Jadi gimana nih kak bisa apa nggak pilih universitas beda pulau...😂😂 Kalo lewat jalur SNMPTN...saya pilih di Sulawesi di UHO karena 2017 kemaren buka kuota paling gede se-Indonesia bagi SNMPTN...dan kuota paling dikit buat Jalur mandiri

    ReplyDelete
  43. Assalamualaikum kak.Nih saya mau nanya..di pikiran saya sudah emang sering kepintas pengen jadi ARSITEK....katanya nih ya, mau masuk arsi itu bagusnya lolos SNMPTN karena tidak perlu lagi menghadapi TES, kan di SNMPTN itu biasanya yg diliat nilai raport kan KK ?? Dan misalnya nih ya...kalo aku tinggalnya di pulau Sumatera bisa ya pilih universitas yg ada di Sulawesi? Kebetulan saya hobi gambar, MTK-fisika insyaallah bisa, Trus akreditasi sekolah kan biasanya buka peluang lumayan lah nah sekolah ku Alhamdulillah A . Jadi gimana nih kak bisa apa nggak pilih universitas beda pulau...😂😂 Kalo lewat jalur SNMPTN...saya pilih di Sulawesi di UHO karena 2017 kemaren buka kuota paling gede se-Indonesia bagi SNMPTN...dan kuota paling dikit buat Jalur mandiri

    ReplyDelete
  44. Assalamualaikum kak.Nih saya mau nanya..di pikiran saya sudah emang sering kepintas pengen jadi ARSITEK....katanya nih ya, mau masuk arsi itu bagusnya lolos SNMPTN karena tidak perlu lagi menghadapi TES, kan di SNMPTN itu biasanya yg diliat nilai raport kan KK ?? Dan misalnya nih ya...kalo aku tinggalnya di pulau Sumatera bisa ya pilih universitas yg ada di Sulawesi? Kebetulan saya hobi gambar, MTK-fisika insyaallah bisa, Trus akreditasi sekolah kan biasanya buka peluang lumayan lah nah sekolah ku Alhamdulillah A . Jadi gimana nih kak bisa apa nggak pilih universitas beda pulau...😂😂 Kalo lewat jalur SNMPTN...saya pilih di Sulawesi di UHO karena 2017 kemaren buka kuota paling gede se-Indonesia bagi SNMPTN...dan kuota paling dikit buat Jalur mandiri

    ReplyDelete
  45. Salut kak...👍 sbr bgt bales komennya, tp aku mau tanya juga boleh ya kak? Kl s.Ars nnti peluang kerjanya gmn ya kak? Soalnya aku miris, beberapa org di sekitarku lulusan sarjana tp nganggur..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja. S.T atau S.ars peluang kerja tergantung bagaimana portofolio, kemampuanmu. Kalo saya duku cukup cepat buat dapat kerja.

      Pengangguran? Saya putuskan keluar dr kantor. Kemudian jd freelancer. Kadang ada proyek kadang nggak.

      Tp orang pikir pengangguran. Mungkin salah satunya kamu. Tapi biarlah. Hhhh

      Delete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. Hai kak.
    Aku kelas 3 SMA. Minatku di perkuliahan nanti adlh arsitek. Tapi yg bikin aku cemas bukan soal sulit atau bakal gak betah atau gimana, karena sebenernya saya memang suka menggambar & hitung2an (mtk). tapi yg bikin cemas adalah peluang kerja kedepannya. Bagaimana caranya agar bnyk klien yg mau bikin project sm kita?
    Thanks

    ReplyDelete
  48. Hai kak.
    Aku kelas 3 SMA. Minatku di perkuliahan nanti adlh arsitek. Tapi yg bikin aku cemas bukan soal sulit atau bakal gak betah atau gimana, karena sebenernya saya memang suka menggambar & hitung2an (mtk). tapi yg bikin cemas adalah peluang kerja kedepannya. Bagaimana caranya agar bnyk klien yg mau bikin project sm kita?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. You can start with join the firm. Untuk dapat ilmu yang cukup, jadi gak perlu pusing cari klien. Kalau Projek pribadi "freelancer atau your own firm" biasanya dimulai dari keluarga dan teman"nya. Bisa juga teman kukiahmu dari jurusan lain. Semua tentang kemauan dan seberapa jauh pertemananmu.

      Delete
  49. narasi yang sangat menarik, penggambaran arsitektur secara sederhana namun sarat dengan cerita,

    ReplyDelete
  50. Hai kk...
    Aku mau nanya nih. Aku prnah denger klw kuliah d jurusan arsitek itu boros duit ? Emang bener kk ?

    ReplyDelete

Mhd_Tama. Powered by Blogger.

hayo...! nguntit.

PENGANTAR

BLOG INI MEMANG TIDAK SEKEREN DAN SEBERKUALITAS BLOG TEMAN-TEMAN SAYA. DENGAN ARTIKEL MENARIK DAN DESAIN YANG MEMUKAU.

KARENA INI ADALAH SAYA. SEMUA TENTANG SAYA.

Leboun-Kabe

berjalan

buku harian? saya mulai menulisnya sejak smp. saat itu ada yang memberi saran seperti itu.

walau saya cowok, tak masalahkan..!

Yang Lalu

Apakah saya tidak boleh kecewa dengan hasil yang saya dapatkan. setelah saya gagal berulang kali.?

PESAN

Maaf. akan Saya abaikan semua mimpi dan ambisi selama ini. dan itu merupakan keputusan yang tidak memerlukan persetujuan dari kalian

Sekarang

Saya begitu benci Arsitektur. begitupun Interior.

saya tidak akan ikut sayembara. saya tidak akan mencari IP, saya juga pasrah dengan tugas saya.

Hari yang lalu

Saya menjalani dunia yang tidak saya sukai. dunia dimana saya kehilangan jiwa saya.

tetapi saya selalu membanggakan dunia itu agar saya tidak terlihat menyedihkan. # dunia arsitektur.

Situasi

Ada yang sms, dataaang, ngomel dan tidak melakukan apa-apa.

abaikan saja sms geje, sebenarnya datang pun enggan. ngomel?? bingung dengan situasi yang ada aja. tidak melakukan apa-apa. ya seperti alasan sebelumnya.

yang terakhir. memang situ siapa?