adv

CARA MEMBUAT MAKET ARSITEKTUR (bag 1)

Saat mau Ujian Semester. mahasiswa Arsitektur yang pertama kali membuat maket bangunannya. entah semester 1. semester 2. semester 3. pasti bingung.
#bahannya apa?
#cara buatnya gimana?
#nyari di internet, tidak ketemu. bahkan master google pun gagal mencari tips cara membuat maket yang spesifik mulai proses 1 sampai selesai. (sebelum google menemukan blog saya).

itu adalah kesulitan yang saya alami disemester 3 ini. karena itu saya akan memberi tips dan langkahnya. tapi  Maket Ala mahasiswa semester 3 Arsitektur UIN Maulana Malik Ibrahim

berita terbaru
Gazebo saintek. tetap dinikmati apapun cuacanya

*Siapkan Fotocopy gambar kerja.
  • Layout.
  • Denah
  • Tampak
*Siapkan Alat
  • Penggaris besi
  • cutter / silet (besar dan kecil)
  • lem 
  • parutan kelapa
  • pylox
- Lem Super (setara lem G)
- Lem bening ( Setara UHU)
- Lem kayu
keterangan. dapat pula mengggunakan lem tembak / lem panas

bahan 1 (Alas)
  1.  Kertas karton 2x/3x (kertas gajah) 
  2.  Gasket. (bisa diganti dengan sterofoam. karpet dan bahan lain sesuai kreatifitas)
bahan 2 (bangunan)
  1. kertas colormount (bisa diganti kingstrik atau duplek)
  2. mika atau polycarbonat sebagai kaca
bahan 3 (vegetasi)
  1. kawat email
  2. busa
  3. serbuk kayu (untuk rumput. bisa diganti kain flanel)
supaya tulisan tidak terlalu panjang, maka setiap pembuatan saya sediakan link yang berbeda.

bagian 2 cara membuat alas maket (klik disini)
bagian 3 cara membuat maket bangunan (versi 1 klik disini) (versi2 klik disini)
bagian 4 cara membuat vegetasi maket
bagian 5 Finishing maket arsitektur

Penting : harap tidak mengcopy paste seluruh artikel ini. silahkan buat artikel sejenis dengan tulisan kalian sendiri.
boleh melakukan screenshoot atau print screen asal menulis sumber yang ada. (belajarlah kreatif) apalagi arsitek.

15 Responses to "CARA MEMBUAT MAKET ARSITEKTUR (bag 1)"

  1. kayu balsa bisa juga ya untuk bahan maket.
    lebih murah atau mahal silakan dibandingkan harganya di
    sibalsa

    ReplyDelete
  2. maaf admin, ko' ga' ada bagian 3 cara membuat maket bangunan nya sih ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo menurut saya (masih kelas IX). Kan sering iseng buat maket. Kata saya klo pake kayu balsa kan ada ygtebelnya 1mm 2mm. Bikinya kaya papercraft tapi lebihin 2mm diatasnya. Pakai yang 2mm itu tipis dan kuat.

      Keuntungan pakai kayu balsa
      -lentur
      -bisa deibengkokan dengan cara dibasahin lalu diiket di alas bengkok dan tunggu sampai kering
      -bisa di potong pake cutter

      -polanya pake sketchup terus install flaterry selamat mencoba

      Delete
    2. Terimakasih yusuf. Atas tipsnya.

      Memang banyak cara untuk membuat maket...

      Mulai dr kertas (pling murah. mahasiswa bgt). Kayu balsa. Ada jg dari papan cardboard (entah apa namanya).

      Tergantung kreatifitas. Selera dan budget masing-masing.

      Delete
  3. terimakasih. sudah diperbarui bagian 3-nya. semoga sukses.

    ReplyDelete
  4. Sangat gampang...buat maket/miniatur ..itu udah kerjaan saya...yg pengin pesan mau fi buatksn maket/miniatur silahkan call 081289722559

    ReplyDelete
  5. Sangat gampang...buat maket/miniatur ..itu udah kerjaan saya...yg pengin pesan mau fi buatksn maket/miniatur silahkan call 081289722559

    ReplyDelete
  6. mantap mas bro, semangat ya bikinnya dan hasilnya keren juga, jangan lupa mampir ke workshop Maket Miniatur kami :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bro untuk pembuatan maket yg seperti ini di tempat mas biasanya butuh waktu berapa lama ya
      http://www.maketminiatur.com/portfolio/maket-rumah-type/
      http://www.maketminiatur.com/gudang/

      Delete
  7. keren bro, tutorialnya juga gampang di mengerti, terus berkarya ya. Jangan lupa mampir
    jasa maket

    ReplyDelete
  8. Penjelasannya detil mas. Makasih banyak buat infonya. Jadi banyak belajar juga nih. Main ke web kami juga ya di
    maketscala

    ReplyDelete
  9. Perkenalkan saya Harry
    Ingin menawarkan pvc foam board
    Bila ada kebutuhan bisa hub 087884002616

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Toturial yang recomended mas. Kami juga menyediakan jasa pembuatan maket di bandung sebagai pertimbangan.

    ReplyDelete

Mhd_Tama. Powered by Blogger.

hayo...! nguntit.

PENGANTAR

BLOG INI MEMANG TIDAK SEKEREN DAN SEBERKUALITAS BLOG TEMAN-TEMAN SAYA. DENGAN ARTIKEL MENARIK DAN DESAIN YANG MEMUKAU.

KARENA INI ADALAH SAYA. SEMUA TENTANG SAYA.

Leboun-Kabe

berjalan

buku harian? saya mulai menulisnya sejak smp. saat itu ada yang memberi saran seperti itu.

walau saya cowok, tak masalahkan..!

Yang Lalu

Apakah saya tidak boleh kecewa dengan hasil yang saya dapatkan. setelah saya gagal berulang kali.?

PESAN

Maaf. akan Saya abaikan semua mimpi dan ambisi selama ini. dan itu merupakan keputusan yang tidak memerlukan persetujuan dari kalian

Sekarang

Saya begitu benci Arsitektur. begitupun Interior.

saya tidak akan ikut sayembara. saya tidak akan mencari IP, saya juga pasrah dengan tugas saya.

Hari yang lalu

Saya menjalani dunia yang tidak saya sukai. dunia dimana saya kehilangan jiwa saya.

tetapi saya selalu membanggakan dunia itu agar saya tidak terlihat menyedihkan. # dunia arsitektur.

Situasi

Ada yang sms, dataaang, ngomel dan tidak melakukan apa-apa.

abaikan saja sms geje, sebenarnya datang pun enggan. ngomel?? bingung dengan situasi yang ada aja. tidak melakukan apa-apa. ya seperti alasan sebelumnya.

yang terakhir. memang situ siapa?