adv

Syarat calon mahasiswa Arsitektur, Apakah Mahasiswa Arsitektur harus jago gambar...?

calon arsitek harus jago gambar?

CALON MAHASISWA ARSITEKTUR.  mungkin masih ada yang bertanya, walaupun sudah banyak yang menulis topik ini. tak ada salahnya saya  menulis topik sejenis.

Ok. langsung saja.

berita terbaru

Seorang arsitek harus bisa gambar dan itu hukumnya wajib. kenapa harus bisa gambar? karena arsitek berkomunikasi lewat gambar. lain lagi dengan CALON MAHASISWA ARSITEKTUR. mereka TIDAK dituntut untuk JAGO GAMBAR. 

  • nah arsitek wajib jago gambar. kenapa calon mahasiswa arsitektur tidak harus jago gambar?

karena arsitek telah belajar menggambar di perguruan tinggi. dan calon mahasiswa tidak harus jago gambar, soalnya mereka akan dilatih menggambar di perguruan tinggi. 

  • tapi, saya tidak jago gambar, pasti hasilnya tidak maksimal dan kalah dengan teman mahasiswa  lain yang jago gambar...!  
tolong buang jauh-jauh pikiran itu, disini kita tidak melukis, tapi menggambar dengan teknik. kita diajari menggambar dengan garis yang tegas, menggambar bangunan. berbeda dengan jurusan seni. bahkan di SNMPTN dan SBMPTN jurusan arsitektur tidak ada ujian praktek atau menyerahkan portofolio seperti jurusan seni atau olahraga.

  • terus syarat masuk Arsitektur apa?
Syarat yang pertama adalah niat dan kemauan. kalau ada usaha, pasti ada hasil.
Syarat yang kedua,  mau belajar kepada yang lain. belajar ke pak tukang juga perlu loh...!
Syarat yang ketiga, jangan memikirkan kesulitan dalam mengerjakan. coba dulu.
Syarat keempat, harus siap mental, siap melembur. hehehe.

cukup mungkin ya...! mungkin ada pertanyaan. atau mau menambahkan. silahkan komen.
sebelum komen baca ini dulu. mungkin ada pertanyaan yang sama.

Q & A 1 : seleksi masuk arsitektur. IPA, IPS. SMK. BAHASA. AGAMA

Q & A b2 : Kuliah Arsitektur dimana | masuk jalur apa | sudah lulus?


ingin bertanya lebih lengkap. bisa komen di blog ini atau via twitter @Mhd_Tama

309 Responses to "Syarat calon mahasiswa Arsitektur, Apakah Mahasiswa Arsitektur harus jago gambar...?"

  1. iya mas... hehhe
    kata "melembur" nya itu loh yang kagak enak.. :D

    ReplyDelete
  2. Ansfiksia Eka. nggak ada lembur nggak ada tantangan. :)

    ReplyDelete
  3. bener, bru smstr 1 udh ga ketulungan lemburnya T.T

    ReplyDelete
  4. faradilla wahab. tenang semester-semester berikutnya lebih menyenangkan.

    ReplyDelete
  5. gan mau tanya nih, saya masih SMA maunya ngambil jurusan arsitek. tes untk bisa masuk universitas
    itu materi apa aja ya biasanya yang bakal keluar?

    ReplyDelete
  6. @Ary Sutrisna. untuk masuk Perguruan tinggi Negeri. semuanya sama. melalui SMPTN atau mandiri.
    materi standar (TPA, Pelajaran dasar dan IPA), biasanya tidak perlu Tes Keterampilan.
    tetapi untuk Swasta biasanya mensyaratkan ujian ketrampilan. dimana kemampuan menggambar dasar diperlukan. semoga sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan IPS bisa masuk prodi Arsitektur apa ngga

      Delete
    2. Bisa baca ini. http://leboun-kabe.blogspot.com/2016/08/q-b1-tanya-jawab-calon-mahasiswa.html?m=1

      Delete
  7. kak, untuk tugas kuliahnya biasaanya apaa aja yaa kak?? terus tiap tugas berapa duit yang biasa keluar??

    ReplyDelete
  8. Hanifa Wahyu. tugas kuliahnya berupa gambar dan maket. beberapa tugas sudah saya upload disini kalau ingin tahu.

    untuk biaya tiap tugas.
    untuk gambar. mahal diawal saja. berapanya kurang tahu karena untuk beli peralatan itu.
    istilahnya saya nyicil satu persatu. untuk tugas selanjutnya tinggal beli kertas saja.

    maket. berkisar 20 ribu untuk sekedar dwimatra. dan 50-300 ribu untuk maket perancangan ditiap akhir semester.

    ReplyDelete
  9. Untuk masuk jurusan arsitektur, fisika dan matematikanya harus kuat ya?

    ReplyDelete
  10. @gagabriella. masuk arsitektur cukup mengenal perhitungan sederhana. berbeda dengan teknik sipil.

    perhitungannya lebih kompleks. dari pernyataan dua kalimat tersebut sudah terjawab kan..! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa yang maksud dari perhitungan sederhana dan perhitungan lebih kompleks?

      Delete
  11. kalo mau daftar jurusan arsitektur its jalur sbmptn apa ada tes keterampilannya (tes menggambar) ???
    soalnya aku pengen ambil arsitek .. tapi kalo ada tes keterampilannya aku jadi ragu (?)

    ReplyDelete
  12. Andro. untuk tes Arsitektur Institut/universitas negeri sampai saat ini tidak ada tes gambar
    (SNMPTN/SBMPTN/SPMB PTAIN)
    kecuali ujian mandiri tergantung kebijakan universitas. untuk ITS tidak ada.
    semoga membantu...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ka kalo jadi arsitek emang harus pinter matematikanya ya ?

      Delete
  13. kak, aku mau tanya. di ITS jurusan arsitektur membutuhkan berapa calon mahasiswa baru y kak?. trimakasih

    ReplyDelete
  14. @yuliana untuk info jumlah penerimaan mahasiswa bisa menghubungi panitia pmb its atau lihat di website universitas yg bersangkutan.
    tp kurang lebih total sekitar 100-an mahasiswa .

    ReplyDelete
  15. anak ips bisa nggak ambil jurusan arsitek?

    ReplyDelete
  16. semua jurusan bisa kok. ada beberapa teman Saya yang lulusan IPS, Agama dan SMK. tapi untuk tes masuk tetep ujian IPA ya...!
    kalo mau lebih gampang tes-nya ya swasta... tetep semangat.

    ReplyDelete
  17. Kalau mata minus atau buta warna boleh ga? Sy sudah diterima arsitek, tp mata sy minus dan takut bw juga.. gimana?

    ReplyDelete
  18. Rizkynadiah. untuk mata minus. masih diizinkan.
    untuk buta warna memang tidak boleh. coba cek ke dokter umum dulu. biayanya sekitar 5 ribu. nah klo d nyatain bebas buta warna. baru cek ke dokter spesialis mata sekaligus untuk meminta surat bebas buta warna sebagai persyaratan masuk kampus.

    semoga sukses d arsi ya...!

    ReplyDelete
  19. kak. mw nnya buat tes d universitas negeri gak ad tes gambarnya yh

    ReplyDelete
  20. iya, sampai saat ini tidak ada tes gambarnya. masuk arsitektur y...!

    ReplyDelete
  21. Kak aku SMA aku jg rencana mau masuk arsitek, ada usul buat universitas mana ? Yg swasta :) thankyou.

    ReplyDelete
  22. swasta banyak ya...! bisa pilih UNPAR, UII, Petra,
    tergantung lokasi, kampus swasta sekarang sudah punya kualitas yang bagus.

    ReplyDelete
  23. Kak kalau buta warna sebagian gimana kak?

    ReplyDelete
  24. mohon maaf. untuk di kampus lain kurang tau, tapi d kampus Saya dan kampus negeri lain yang saya tau rata-rata memang belum membolehkan.

    ReplyDelete
  25. Kak mau tanya, peluang anak smk ikut snmptn itu kecil bisa lolosnya ya mas?

    ReplyDelete
  26. tidak juga, memang lebih diutamakan IPA, tapi banyak kok anak SMK yang lolos...

    ReplyDelete
  27. gpapa nglembur asal ngegambaar,hrhheheheh

    ReplyDelete
  28. permisi mau tanya kak, mata kuliah anak arsitektur ap aja ya?

    ReplyDelete
  29. Hai. RIsda. mata kuliahnya banyak ya. kan total sksnya 144-160 sks.
    yang paling utama Perancangan Arsitektur/Desain Arsitektur yang bobotnya 4-10 sks. selama 7 semester dan dilanjut Tugas akhir d semester 8.

    tapi nanti diajarin lanskap, interior, perkotaan, dan yang pasti perhitungan struktur walaupun masih dasar (semacam matematika dan fisika).

    so biar berat, Enjoy ya. di Arsitektur.

    ReplyDelete
  30. kak mau nanya, saya kan perokok, tapi saya mau banget masuk jurusan arsitektur, kira-kira bisa gk?

    ReplyDelete
  31. @lukman malik, tentu bisa. saat ini tidak ada tes yang menyatakan

    "anda perokok? jangan masuk"

    Terimakasih, semoga membantu...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muhammad tama. Saya kan mau ikut sbmptn jurusan aritektur. Tapi bungung milih universitasnya. Soalnya pesimis bisa lolos.
      Ada usulan?

      Delete
  32. oh oke sip, terima kasih banyak

    ReplyDelete
  33. Negeri. mau wilayah mana?
    jawa. UPN veteran surabaya bagus. UIN Malang :)
    sumatra. malikussaleh.

    jurusan arsi memang laris manis. dan susah juga. usahakan lokasi sbmptn.
    1 wilayah dengan universitas yang kamu pilih. (lewat twitter aja mungkin klo tanya lagi) smoga sukses.

    ReplyDelete
  34. Kak, mau tanya dong..
    Sya kan masih sma, nah kalau masuk jurusan arsitektur lewat snmptn itu yang diliat apanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai ita. Untuk SNMPTN semua hampir sama. Yang jelas nilainya. Karena snmptn berbasis nilai. Kemudian status sekolah favorit dan akreditasinya. Mata pelajaran khusus, sepertinya tidak ada.

      Portofolio? Mungkin, tapi tidak terlalu. Terimakasih, Semoga sukses.

      Delete
    2. Bisanya tes gambar nya itu seperti apa bang

      Delete
    3. Hi sahril. Berdasarkan cerita teman-teman. Tes gambar berupa soal alias ditentukan tema dan suasana gambar. Tp ada salah satu soal menggambar bebas.

      Semoga membantu.

      Delete
  35. Kakk aku mau nanya, aku msh kls 11 sma dan pgn masuk arsitektur. Aku mau les gambar tp mahal dan jdnya takut nyesel (ga worth it). Gmn ya kak?? Tp intinya utk masuk arsitektur gaada tes gambarnya kan? Makasih kakk

    ReplyDelete
  36. hay haum gak perlu les, klo bikin susah, kalau masuk negeri emang gak ada tes gambar, tapi kalau swasta ada. ada banyak jalan menuju arsi. semoga sukses.

    ReplyDelete
  37. Masalah penggunaan meja gambar, apakah buat mahasiswa baru sekarang masih diwajibkan membeli meja gambar atau hanya cukup menggunakan komputer yg dibantu dengan aplikasi" seperti AutoCAD kak?

    ReplyDelete
  38. Hai christin. D studio gambar kampus sudah disediakan. Gambar manual biasanya cuma tahun pertama. Semester berikutnya komputerisasi. Tergantung kebijakan kampus. Saya rasa tidak perlu beli meja gambar. Meja biasa sudah cukup.

    Semoga membantu.

    ReplyDelete
  39. kak, klo kuliah dijurusan itu tpi sambil kerja, kira2 sempet gak ya ngerjain tugas2nya?

    ReplyDelete
  40. Iya Rara. Tergantung mahasiswanya. Memang banyak yg molor kuliahnya. Tapi ada jg yg berhasil bahkan termasuk teladan. Kalau kamu yakin bisa. coba mulai kerja dari semester 2/3, semester 1 buat pembiasaan dulu. Semoga membantu.

    ReplyDelete
  41. kak, saya seorang siswa sma kelas 3, mau ngambil jurusan arsitek, tapi gak gitu jago mate sama fisika kak, tapi aku jago gambar. kira" bisa ngak kak? thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai angela. Tentu bisa, perkuliahan yg berhubungan mtk dan fisika tidak banyak. Tapi siapkan dirimu karena tugasnya mahasiswa arsitektur banyak loh.

      Yg penting kamu lolos seleksi univ dan diterima dulu. Ya
      Terimakasih.

      Delete
  42. Kak numpang nanya nih, saya sekolah di sma swasta ambil jurusan IPS kalau pas kuliah saya mau ambil jurusan arsitektur di PTN itu caranya gimana ya kak kira-kira? Bisa nggak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai florencia
      Bisa ikut SNMPTN yg berdasarkan nilai raport. (Ada Peluang tapi tidak sebesar IPA).
      atau SBMPTN dan ujian mandiri. Tapi yg dites tetap pelajaran IPA ya.

      Semoga membantu.

      Delete
  43. Kalau untuk PTS kak apakah ada kemungkinan dan apa saja yang harus saya lakukan agar bisa masuk je arsitektur? Soalnya saya pengen banget bisa masuk arsitektur... makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sama saja. Lewat jalur undangan (raport)/prestasi
      Atau ujian dg pelajaran IPA. Tapi bedanya dengan negeri di PTS ada tes menggambar.

      Yakinlah pasti bisa. Peluang masuk arsi PTS jg cukup baik walaupun IPS. Dicoba aja PTN dan PTS.

      Delete
  44. biasanya manual drawing sampai smt brpa ya kak?
    apa freehand selalu dibutuhkan sampai semester akhir meskipun sudah pake komputerisasi? makasih kak infonya (maba arsitek)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai fendy.wah maba arsi.
      Manual sampe smstr 3. Smester 4 &5 semi manual. Smtr 6-8 full
      terimakasih.

      Delete
    2. kalo perbandingan gambar2 desain sama teori lain, banyakan desain atau seimbang sama teori2 kak? terimakasih

      Delete
    3. Hai fandy. Perancangan itu cuma 1 mata kuliah tapi bobotnya besar. Teori itu beberapa mata kuliah tapi kecil"
      Jadi jawabannya seimbang

      Terimakasih.

      Delete
    4. Kak saya masih kelas 11 sma. Saya ada minat ke arsi. Denger2 sih katanya harus jago fisika sama matematikanya, bener ngga kak ? Materi fisika sama matematika yang biasa keluar apa aja kak ? Terimakasih sebelumnya

      Delete
  45. kak saya jjurusan bangunan smk , saya tidak pandai dalam berhitung , apa masih ada kesempatan saya masuk PTN ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai riata. Tentu masih ada.

      Coba pahami prosedur selesi masuk PTN. Semua jurusan kuliah. Sistem seleksinya sama.

      Semoga lolos ke arsi ya.
      Terimakasih

      Delete
  46. Kak, aku kan smk jurusan teknik gambar bangunan. Tpi krna make k13 jadi ipa nya gaada. Bisa minta kisi kisi materi nya ga kak? Misal ipa ni kan, jelasin ya kak materi nya apa aja gitu. Thank's kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai ilham. Saya kurang paham pertanyaannya.

      Kisi-kisiu IPA untuk masuk PT? Cukup beli buku kisi-kisi SBMPTN.

      Maaf tidak bisa banyak membantu.
      terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  47. Kk,sya kan tinggal di Medan. kira" berapa persen kemungkinan masuk di arsi prov lain ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai. Anastasia. Kamu bisa melihatnya di situs SNMPTN. Dg melihat penerimaan berdasarkan provinsi di kampus yang kamu tuju.

      Tapi mungkin situsnya belum aktif.
      Semoga membantu, Terimakasih.

      Delete
  48. Kak, mau nanya.. Saya sma kelas 11. Saya masih bingung, kalo udah lulus arsitek, kerjanya ntar dimana ya? Perkantoran? Atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kantor = kerja di konsultan. Interior design, design produk (jarang). Ada juga yg d bank. Dosen jg bs.

      Kerja di Lapangan. Kerja d kontraktor. Pengawas. Dll.

      Tinggal nunggu takdir. Jodohnya d kantor atau lapangan.
      Semoga membantu. Terimakasih.

      Delete
  49. kak aku mau jdi arsitek..
    aku hoby gambar soalnya..
    tpi kata orang susah jdi arsitek itu,,
    beri masukan kk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi mahasiswa arsitek. Cukup susah
      Lulus dari mahasiswa arsitek. Susah.
      Jadi arsitek. Susah banget.

      Jadi arsitek harus punya kualifikasi yg baik sesuai dengan standar IAI. Banyak juga syarat dan waktu yg diperlukan.

      Yg penting masuk dan lulus daei sarjana arsitek dulu. Nanti bisa tau kedepannya seperti apa.

      Terimakasih
      Semoga membantu.

      Delete
  50. Bang saya calon maba arsi , masih insyaallah.hehehe .pgn nanya nanya tentang arsi selain lewat sini lewat mana lg bang ya biar enak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai ramaldi. Bisa lewat twitter @mhd_tama atau email zearo.it@gmail.com

      Terimakasih.

      Delete
  51. Mas saya mau tanya jika tes mau masuk jurusan arsitek itu tesnya seperti apa ya? Lalu mata pelajaran apa saja yang harus dikuatkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo negeri tes seperti SNMPTN biasa. Klo swasta bianya ada tes gambarnya. Semoga membantu risky.

      Delete
  52. gan, saya sekarang di jurusan agama. bisa kan saya masuk jurusan arsitek di uin maliki malang?
    tolong jawabannya! terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai ferry. Klo UIN Malang. Tahun sebelumnya agama bs ikut SBMPTN dan mandiri. Tdk tersedia SNMPTN.

      Tapi kalau mau jalur SNMPTN bs pilih UIN Sunan Ampel. Terimakasih semoga membantu.

      Delete
  53. Kak saya mau tanya. Saya smk jurusan multimedia, kira-kira bisa keterima nggak di jurusan arsitektur. Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua jueusan bisa. Tinggal pilih. Mau SNMPTN. SBMPTN. MANDIRI. Semoga beruntung.

      Delete
  54. kak mau tanya, saya kelas 12 smk jurusan gambar bangunan, saya punya keinginan untuk melanjutkan kuliah di jurusan arsitek, tapi saya minder karena tidak terlalu bisa membuat sketsa, gambar saya juga jauh dari kata bagus. apakah hal ini bisa menghambat dikuliah nanti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo minat. Lanjut aja. Gambar jelek.gak masalah. Sukses ya...!

      Delete
  55. Kak saya masih kelas 11 sma. Saya ada minat ke arsi. Denger2 sih katanya harus jago fisika sama matematikanya, bener ngga kak ? Materi fisika sama matematika yang biasa keluar apa aja kak ? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah takut mtk. Fisika. Kalo minat lanjut aja. Gampang kok. Cuma plus minus foabk. Sukses dah. Ok.

      Delete
  56. ka aku kelas 12 dan minat di jurusan arsitektur, mau tanya dong ka nih kan aku jurusan ipa nah kalo mau masuk pake jalur snmptn kira-kira yang harus besar nilai rapotnya apa aja ya ka? tolong ya ka infonya, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibesarin semua nilainya. Sainganmu banyak bung. Hehehe. Sorry baru balas. Makasih.

      Delete
  57. Kak mau nanya dong, kalo jurusan arsi tugas akhirnya ngapain ya? Tetep bikin skripsi atau gimana? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin Tugas Akhir yang banyaknya 7-8 bab. Dengan perancangan yang dapat mengentaskan kebutuhan dari lingkungan yg kamu pilih. Thanks... 😁

      Delete
  58. ka.. mau tanya nih. saya dari keluarga ga mampu.. ada rencana buat daftar beasiswa, saya ada minat di arsitektur yang udah dijelasin kalo tugasnya banyak dan itu alat serta bahan kita yang nyiapin sendiri, saya juga agak gaptek nih.. kira2 saya bisa ngga masuk arsi?.. mohon pencerahanny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget. Banyak teman Saya yg kondisinya seperti kamu. Dan mereka berhasil ngelanjutin sampe semester sekarang. Tetep semangat. Thanks.

      Delete
  59. Kak, kalau misalkan sekarang ngambil d3 teknik sipil terus nanti lanjut s1nya arsitektur, bisa gak ya?
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  60. kak, minta sarannya. aku suka gambar dan imajinasiku dalam membayangkan sebuah bangunan atau seni bisa di bilang sangat bagus, tapi dalam soal penghitungan sangat payah hehe. kalau menurut kaka saya harus bagaimana?
    saya pengennya itu masuk artitek karena itu sudah menjadi impian sejak kecil. mohon sarannya kak, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kemampuanmu itu ditambah mental dan kemauan yang kuat. Arsitektur pilihan yang tepat. Namun apabila menurutmu kurang cocok. Bisa pilih. Jurusan seni. Kalo cewek. Bisa pilih tata busana. :) thank you. Saran saya cuma bisa segitu aja. Semoga membantu.

      Delete
  61. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  62. Hai kak, kalau anak agama kan gak ada fisiknya,cuman ada matematik, terus kalo ikut SNMPTN kira kira bisa gak kak? Ngaruh gak kalo gak ada nilai fisikanya? Modal saya cuma gambar sama matematik... makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya di website penerimaan SNMPTN ada tulisannya. Yg bolrh mendaftar jurusan apa aja. Beberapa kampus membolehkan kok jurusan agama dan SMK daftar snmptn. Tp tetep ya. Peluang terbesar ya dianak IPA kalau arsitek

      Delete
  63. selamat pagi agak siang kak,saya mau tanya,kalau mau masuk ptn jalur masuknya sbmptn saintek/soshum? makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai firdaus. Tentu saja Saintek alias IPA.

      Oke selamat mencoba.

      Delete
    2. Hai firdaus. Tentu saja Saintek alias IPA.

      Oke selamat mencoba.

      Delete
  64. kak, mau nanya dong. saya masih kelas 11 terus saya minat masuk jurusan arsitektur di salah satu ptn favorit. tapi, alumni sekolah saya hanya beberapa orang atau bisa dibilang sedikit yang masuk ke ptn favorit itu. nah, menurut kakak peluang saya untuk masuk jurusan arsitektur ptn itu ada atau sedikit atau malah ga ada kak? sama rekomendasi ptn dengan jurusan arsitektur yang bagus dong kak :) makasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai rizku. Kalau SNMPTN peluang pasti ada. Tergantung nilai pelajaranmu. Nilai akreditasi sekolahmu. Dan image sekolahmu. Semoga sekolahnya gak masuk blacklist.

      PTN yg jurusan arsitektur bagus. ITB, ITS. UB. UPI. UNPAD. Tergantung wilayahmu ya. Kan saya gak hapal semua PTN.

      Terimakasih semoga membantu.

      Delete
  65. kak saya SMAN jurusan IPS dan beberapa minggu lagi saya lulus, apakah saya bisa masuk di Fakultas Arsitek? saya ada bakat di bidang itu, karna ayah saya juga kontraktor dan karna ayah saya juga yg menyarankan saya untuk bisa menggambar, maka dari itu saya ada bakat di bidang ini. apakah bisa masuk di arsi, saya SMA Negri jurusan IPS dan dimana jalurnya untuk mendaftarkan apakah SNMPTN atau SBMPTN ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena km IPS. Coba dulu SNMPTN yg berdasarkan nilai sekolah. Apabila belum lolos. Bisa ikut SBMPTN. Dan jangan lupa SBMPTN itu Ipa jd mungkin km sedikut kesulitan. Jika belum lolos. Coba mandiri atau swasta. Kalau berdasarkan profesi keluarga. Maka cukup cocok kok masuk jurusan Arsitek

      Delete
    2. Karena km IPS. Coba dulu SNMPTN yg berdasarkan nilai sekolah. Apabila belum lolos. Bisa ikut SBMPTN. Dan jangan lupa SBMPTN itu Ipa jd mungkin km sedikut kesulitan. Jika belum lolos. Coba mandiri atau swasta. Kalau berdasarkan profesi keluarga. Maka cukup cocok kok masuk jurusan Arsitek

      Delete
    3. ohiya kak maaf nanya lagi nih kak, di ISTN Jagakarsa itu syaratnya IPA ya kak kalau mau di arsitek, saya nanya ke Rektor Univ. pancasila dia ngebolehin IPS untuk Arsitek, dan teman saya waktu itu Test, cuma dia ga dibolehin masuk F.Arsitek kak karna dia IPS. dan saran dong kak buat Kampus yg ngebolehin IPS masuk selain Univ. pancasila itu dimana ya kak, untuk daerah Jakarta ya kak? soalnya saya Tinggal Di pondok Cabe, dekat lap. terbang.
      makasih ya kak sebelumnya.

      Delete
    4. ohiya teman saya test di universitas swasta saya ga mau sebutin namanya biar yg lain ada yg mau coba dulu barangkali aja masuk tmn tmn disini, dan mungkin tmn saya ada yg ga lolos pelajarannya atau apa,dan disana tuh IPS itu memang ga dibolehin disana jd ga diterima gituh deh.

      Delete
    5. Chaerul. Sebenarnya boleh-boleh saja. Kalo temen kamu ambil tes seleksinya itu IPA. Mungkin dia ambil tes seleksi IPS. Jd g bs ambil jurusan arsitek. (Atau mungkin memang peraturan kampus entahlah)

      Untuk jurusan arsitek jakarta. Sy g bs spesifik. Tp yg sering sy dengar itu. Tarumanegara. Gunadarma . muhammadiyah jkt. Trisakti. Mercubuana.

      Delete
  66. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  67. Kak mau nanya gimana kalau sy mau ambil jurusan arsitektur tapi kemampuan menghitung masih standar, apalagi sy kan cewek kira2 mampu mengerjakan tugas yg sedemikian rumitnya biar gak menyesal belakangan takut nantinya di tengah jalan kesulitan terus menyerah. Kasi motivasi ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tugas yang susah bukan menghitung kok. Tapi merancang. Jd jgn takut dengan hitungan. Menyerah? Selama kamu bisa melewati semester 3. 90% kamu akan menyelesaikan studimu...


      Jadikuat dan bertahan ya sampai semester3...!

      Delete
  68. kak, saya mau tanya tentang tes SBMPTN untuk jurusan arsitektur itu apa aja ya kak tahun ini, apakah sama dengan jurusan IPA yang lainnya? atau beda ya hehe, sebelumnya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak.. Makin semangat terjun di jurusan arsitektur karena tulisan kak yang "disini kita tidak melukis. Tapi menggambar dengan teknik" hehehe. Doain saya juga ya kak, calon maba arsi UNS 2016 aamiin

      Delete
    2. Terima kasih kak.. Makin semangat terjun di jurusan arsitektur karena tulisan kak yang "disini kita tidak melukis. Tapi menggambar dengan teknik" hehehe. Doain saya juga ya kak, calon maba arsi UNS 2016 aamiin

      Delete
    3. Semoga sukses.ya. senang rasanya kalau ada yang bilang tulisan Saya memberi semangat. :)

      Delete
  69. Kak test arsitektur swasta menggambar ya? Biasanya menggambar apa ? Atau ada test lain ttg ipa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan ini sebenarnya sudah saya jawab di komentar yg lain.
      Ini saya copy kan.

      Hi sahril. Berdasarkan cerita teman-teman. Tes gambar berupa soal alias ditentukan tema dan suasana gambar. Tp ada salah satu soal menggambar bebas.

      Semoga membantu.

      Delete
  70. Kak, boleh nanya lagi gak? kakak dulu diterima dari jalur apa ya?
    Klo dari snmptn emang nilainya harus tinggi banget ya untuk jurusan arsi???
    Maaf ya kak banyak nanya, soalnya bentar lagi pengumuman snmptn, takut gak dapet 😀
    Klo dari sbmptn, soal2nya susah gak ya? kata alumni klo ngambil IPA soalnya susah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy SNMPTN tulis (sekarang SBMPTN).

      Yg namanya ujian atau tes itu pasti susah ya...!

      Semoga lolos snmptn nya.

      Delete
  71. ka mo nanya nii..
    Kalo masuk arsi boleh tatto sama make anting ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo anting sepertinya gak boleh ya. Gondrong aja gak boleh.

      Klo tatto tergantung sih. Sepertinya boleh-boleh aja asal gak berlebihan.

      Tapi semuanya balik sama kebijakan kampus masing-masing. Saya kurang tau.

      Delete
  72. ka mau tanya saya sekolah di smkn jurusan animasi apakah peluang diterima jurusan arsitek besar?
    kan sama sama berhubungan dengan menggambar :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry. Tapi peluang terbrsar tetap SMA/MA IPA. jurusan yg lain termasuk SMK menyusul. Peluang masuk dari SMK cukup baik. Tinggal berjuang dan berdoa.

      Semoga membantu.

      Delete
    2. Sorry. Tapi peluang terbrsar tetap SMA/MA IPA. jurusan yg lain termasuk SMK menyusul. Peluang masuk dari SMK cukup baik. Tinggal berjuang dan berdoa.

      Semoga membantu.

      Delete
  73. kak aku mau tanya, tes IPA nya itu contohnya seperti gimana? ada fisikanya? ada kimianya? atau hanya teori2 dasar tanpa hitung? mohon jawabanya. terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tes IPA. Matematika. Biologi. kimia.fisika. tentu dong ada hitungannya... Seperti UN.

      Delete
  74. assalamu alaikum kak. gini kak, aku kan udah kelas 3 SMA, rencana mau pilih jurusan arsitek, tapi kreativitas imajinasiku kurang, gimana kak? apa ada peluang ?
    makasih..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting lolos masuk jurusan arsitek dulu. Imajinasi nanti berkembang kok seiring waktu.

      Delete
  75. Kak mau tanyak?setelah lulus arsitek ,kita kerjanya dimana?susah gk cari pekerjaanya,trims. Tolong infonya

    ReplyDelete
  76. Kalau kerja dimana jadi apa. Bisa cari di google aja. Karena banyak. Kalau masalah sulit enggaknya. Tentu tergantung usaha dan doa individu masing-masing.s aya belum dapat toga. :)Saya kira saingan kerjanha tidak sebanyak jurusan lainnya. Karena kampus dg jurusan arsi jg tidak banyak.semoga membantu.

    ReplyDelete
  77. makasih infonya kak. oiyy kak nilai yang harus menjadi prioritas bebas tes masuk jurusan arsitek apa ya kak? matematika? fisika? kimia? atau semua nya harus tergolong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada prioritas. Klo bisa semua bagus. Karena saingannya seperti itu. Arsitek ketat loh saingan masuknya.

      Delete
    2. Tidak ada prioritas. Klo bisa semua bagus. Karena saingannya seperti itu. Arsitek ketat loh saingan masuknya.

      Delete
    3. kak mau nanya apa kecil peluang anak ips untuk masuk ke jurusan arsitek ini..mhon bntuanya

      Delete
    4. Ada tapi sedikit. Peluang lebih besar anak ipa. Ya. Untuk pertanyaan seperti ini akan saya buat artikel khusus Q&A ya mungkin besok malam...! Thanks.

      Delete
    5. untuk pertanyaan seleksi masuk bisa menuju kesini. http://leboun-kabe.blogspot.co.id/2016/08/q-b1-tanya-jawab-calon-mahasiswa.html

      Delete
  78. Kak mau Tanya dong sekarang kan aku sekolah di smk jurusan busana. Klk mau masuk jurusan arsitek masih bisa gak ya?. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Mengenai penerimaaan silahkan baca http://leboun-kabe.blogspot.co.id/2016/08/q-b1-tanya-jawab-calon-mahasiswa.html

      Delete
  79. Kak, kalau mata min masih boleh jadi arsitek, kalau mata silindris boleh ga?

    ReplyDelete
  80. Kak, mau nanya. Saya kelas 11 di sekolah unggulan makassar, rencananya mau masuk unhas. Kalau nilai fisika menurun dari sem 1-3 bisa masuk arsi tidak, kak? Dan bagaimaa cara kaka supaya dapat ide yg bagus dalam mengerjaan tugas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa" aja. Semua peluang ada. Untuk ide. Tinggal jalan-jalan. Browsing. menyendiri. Nonton drama korea taiwan jepan interior Gedungnya bagus Atau sekedar bermain musik.ide bisa diusahakan.

      Delete
  81. Saya buta warna parsial nih kak tpi saya sdh lihat portofolio ugm dan itb itu buta warna parsial bisa masuk jurusan arsitek,jadi apakah semua universitas membolekan bwp masuk arsitek ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada beberapa yg boleh, Saya kurang tahu. Karena kampus saya sendiri tidak mengizinkan bwp..

      Delete
  82. Kalau swasta tuh semuanya ada tes gambar ya?

    ReplyDelete
  83. Saya kurang bakat dalam menggambar tapi orang tua saya merekomendasikan saya untuk masuk jurusan arsitektur dan puji Tuhan sudah diterima sebagai maba, sebelumnya nggak pernah kepikiran bakal masuk jurusan arsitektur, mau dilanjutin takut, tapi kalau mau mundur rasanya penasaran dan pengen tau gimana sih dunia arsitektur, trus sebaiknya saya maju / mundur saja??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maju dong. Biar bisa bangun rumah impian... :) Arsitektur yang menyenangkan.

      Delete
    2. Berat banget nggak sih jadi mahasiswa arsitektur itu?? Kan kebanyakan orang taunya arsitektur itu jurusan yang serem, berat, susah lulus, dll..

      Delete
    3. Nggak terlalu berat. Masih bisa nonton. Susah lulus? Enggak juga. 22 orang dari 85 orang angkatan saya lulus tepat waktu 4 tahun.

      Delete
    4. Humm, kakak dari universitas mana kalo boleh tau?

      Delete
    5. Dari kampus dengan akreditasi institusi A dan Akreditasi jurusan A...

      Delete
  84. Kak kalo dari smk kesehatan bisa gak sih masuk ke arsitektur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa

      Cek ini.
      http://leboun-kabe.blogspot.com/2016/08/q-b1-tanya-jawab-calon-mahasiswa.html?m=1

      Delete
  85. Kak kalo dari smk kesehatan bisa gak sih masuk ke arsitektur?

    ReplyDelete
  86. kak saya mw nanya... saya nggak bisa ngegambar tapi ortu ingin saya masuk arsitek dan saya juga tertarik dengan jurusan arsitek solusinya gimana ? soalnya saya bimbang keinginan di arsitek tapi takut gagal gitu.....
    #maafcurhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika engkau tau. sampai semester akhir pun gambar saya jelek. Apalagi teman-teman yang lain. Jadi Ambil aja.

      Delete
  87. Kak mau nanyaaa. Setelah baca-baca komen di atas, kayaknya SMA IPA yang paling banyak peluangnya ya? Walaupun kita SMK yang jurusannya soon bakal kepake banget di arsi. Katakanlah gambar bangunan. Tetep lebih banyak peluang IPA? Bingung mau SMA atau SMK

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kamu mau jadi apa.
      Lulus SMK kerja jadi drafter.
      Lulus SMA/SMK kuliah jadi arsitek.
      Walau ilmu di SMK kepake di jurusan arsi. Tapi masih banyak banget yg harus di pelajari saat kuliah arsitektur. Apalagi saat berprofesi sbg arsitek.
      Pendapat saya. Kenapa IPA lebih berpeluang. Karena mereka memang di didik untuk melanjutkan ke universitas yg lebih banyak akademisnya. Sedangkan SMK lebih ke politeknik karena basisnya praktek.

      Delete
  88. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  89. Kak klo jurusan arsitektur untuk nilai mapel yg harus tinggi apa ya? mtk sama fisika kah? . klo untuk snmptn jawa barat jurusan arsitektur yang pling mudah lolos univ apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo seleksi ke empat matpel utama harus tinggi. Univ d jabar. Kurang tau. Thanks.

      Delete
  90. ka klo masuk arsi harus punya komputer yg spek nya high ga?? soalnya denger - denger pas render nya cukup berat.. terus klo jurusan pas smk nya animasi bisa masuk ga ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya tahun 2016 Kalo laptop minimal intel i5 / Amd A10. Graphics NVIDIA/sejenis 2gb. RAM 4 Gb. Dibutuhkan banget saat semester 3/4.

      SMK Bisa masuk. Peluang lrbih tinggu IPA.

      Delete
  91. Kak saya IPS kalo masuk ke arsitek di UNS bisa apa nggk ?? dan materi apa saja yng diteskan? Saya ragu kak karena ips dan harus ambil IPC atau saintek sampe sekarang masih bingung :')
    Mohon pencerahannya, thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa baca ini.
      http://leboun-kabe.blogspot.com/2016/08/q-b1-tanya-jawab-calon-mahasiswa.html?m=1

      Delete
  92. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak mau nanya kalau peralatan buat maket itu dari mana? dan kalau jurusan arsitek itu saat menggambar sketsa bangunannya harus selalu memakai penggarisnya kak?
      kalau jurusan arsitek itu menggunakan software apa ya kak dan menurut kakak bagaimana, apakah mahasiswa arsitektur itu saingannya sangat berat?

      Terima Kasih kak

      Delete
  93. Nilai matematika sama fisika saya kan rendah nih...Peluang masuk universitas nya gimana yah kak(SNMPTN

    ReplyDelete
  94. Bang aku mau tanya, aku kan smk nya rumpun IPS pariwisata, jurusan tata busana, nah disekolah aku mapel IPA itu cuma diajarin waktu kelas 1 sama 2 aja, apa aku bisa masuk jurusan arsitek lewat SNNPTN atau engga (?)
    Terima kasih

    ReplyDelete
  95. Kak aku mau tanya, apa benar di jurusan teknik arsitektur, tidak terlalu banyak dasar hitung-hitungannya (lebih banyak ke desain gambar). Saya disarankan orang tua utk masuk jurusan t.arsitektur, soalnya nilai matematika dan fisika saya standar.

    ReplyDelete
  96. Kakak masuk arditektur lewat sbmptn atau snmptn? Kalau snmptn berapa rata" nilai kakak kemaren waktu masuk arsitektur?

    ReplyDelete
  97. Kak aku mau tanya , kan aku pernah baca disalah satu blog kalo magang arsitektur itu awalnya kerja kasar dulu tapi kesana2nya ngga, mksdnya apa ya ? Ada hubungannya sama kerja kuli dulu apa gimna ?

    ReplyDelete
  98. Dan lowongan kerja untuk jurusan arsitek kedepannya apa ya ?

    ReplyDelete
  99. Kak, mau tanya. Seluruh persyaratan agar masuk di arsitektur melalui SBMTPN atau Mandiri itu apa apa aja kak? Yang lengkap ya kak. Soalnya saya memang niatkan diri untuk masuk Arsitektur kak. Terima kasih kak.

    ReplyDelete
  100. Kak, mau tanya. Seluruh persyaratan agar masuk di arsitektur melalui SBMTPN atau Mandiri itu apa apa aja kak? Yang lengkap ya kak. Soalnya saya memang niatkan diri untuk masuk Arsitektur kak. Terima kasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada. Cuma harus jawab soal IPA dengan nilai sebaik-baiknya dan gak boleh buta warna.

      Delete
  101. Kak aku sekolah di smk tehnik mesin dan aku punya keahlian di iventor dan di auto cad bisa masuk arsitek ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita gak pake inventor. Tapi Autocad. Sketchup. Selama lolos tes ujian. bisa kok. Semuanya belajar dari nol.

      Delete
  102. Kak aku sekolah di smk tehnik mesin dan aku punya keahlian di iventor dan di auto cad bisa masuk arsitek ga?

    ReplyDelete
  103. kalo lulusan smk bisa lanjut kuliah arsitektur ga?
    #thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa donk. Selama lolos seleksi masuk.

      Cari aja Q & A bag 1 di blog ini. Sudah saya jelasin sedikit ttg hal itu.

      Delete
  104. Kak kalo mau masuk arsitek nilai ipa nya hrus tinggi ya??
    Nilai yg dipake nilai smp/sma?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin tinggi semakin berpeluang. Sekamat kamu komen dihari ulang tahun saya. 😁. Dan maaf lama balasnya.

      Delete
  105. maaf kak mau nanyaa kalo mau masuk jurusan arsitektur masuk ptn nya berapa? kalo beasiswa gmana? harus tes sbmptn yaa?
    makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus lolos sbmptn dulu. Baru daftar beasiswa bidik misi. Kalo g dapat beasiswa masih ada beasiswa yg lain tiap semesternya.

      Delete
  106. Admin nya capek jawab in byk pertanyaan hehe~😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tpi makasih banyak loh min atas pencerahannya 😊

      Delete
    2. Enggak capek selama berpengaruh baik buat kalian. Tapi kalau pertanyaannya terlalu sering diulang. Tau sendiri lah. 😁😁😁

      Delete
  107. Gan kalo pengen ngambil kuliah jurusan arsitek , biasanya UNBK nya ngambil apa?? Dan pelajaran apa yang harus lebih di dalami/di kuasai???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang tau ya. Mungkin mtk sm fisika. Saya angkatan lama "Jangan timpuk bata gan. Kadih cendo aja"

      Delete
  108. Gan kalo pengen ngambil kuliah jurusan arsitek , biasanya UNBK nya ngambil apa?? Dan pelajaran apa yang harus lebih di dalami/di kuasai???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah di jawab ya. Mtk fisika Eh kamu si unknown diatas komen ini. Sukses ya!

      Delete

Mhd_Tama. Powered by Blogger.

hayo...! nguntit.

PENGANTAR

BLOG INI MEMANG TIDAK SEKEREN DAN SEBERKUALITAS BLOG TEMAN-TEMAN SAYA. DENGAN ARTIKEL MENARIK DAN DESAIN YANG MEMUKAU.

KARENA INI ADALAH SAYA. SEMUA TENTANG SAYA.

Leboun-Kabe

berjalan

buku harian? saya mulai menulisnya sejak smp. saat itu ada yang memberi saran seperti itu.

walau saya cowok, tak masalahkan..!

Yang Lalu

Apakah saya tidak boleh kecewa dengan hasil yang saya dapatkan. setelah saya gagal berulang kali.?

PESAN

Maaf. akan Saya abaikan semua mimpi dan ambisi selama ini. dan itu merupakan keputusan yang tidak memerlukan persetujuan dari kalian

Sekarang

Saya begitu benci Arsitektur. begitupun Interior.

saya tidak akan ikut sayembara. saya tidak akan mencari IP, saya juga pasrah dengan tugas saya.

Hari yang lalu

Saya menjalani dunia yang tidak saya sukai. dunia dimana saya kehilangan jiwa saya.

tetapi saya selalu membanggakan dunia itu agar saya tidak terlihat menyedihkan. # dunia arsitektur.

Situasi

Ada yang sms, dataaang, ngomel dan tidak melakukan apa-apa.

abaikan saja sms geje, sebenarnya datang pun enggan. ngomel?? bingung dengan situasi yang ada aja. tidak melakukan apa-apa. ya seperti alasan sebelumnya.

yang terakhir. memang situ siapa?