adv

CARA MEMBUAT MAKET ARSITEKTUR (bag 2)

ini adalah lanjutan dari CARA MEMBUAT MAKET ARSITEKTUR (bag 1)
Ala mahasiswa semester 3 Arsitektur UIN Maulana Malik Ibrahim

sebelum maket bangunan dibuat, yang wajib kita buat adalah Alas. Karena Alas sangat menentukan estetika bangunan dan sebagai wadah dari tapak yang akan dibuat.

untuk alat bisa kalian lihat di artikel sebelumnya dan yang mau tahapan berikutnya CARA MEMBUAT BANGUNAN MAKET ARSITEKTUR (bag 3 versi 1) klik disini


Bahan Alas.
1. Kayu atau kertas Karton 2x/3x (kertas gajah)
2 Lem Kayu. atau Lem Super

ini yang saya namakan kertas gajah

Langkah 1

1. Siapkan Layout yang ada. kemudian tempel di kertas Gajah tersebut.
contoh layout untul maket
2. Potong bagian layout sampat terpisah

tempel layout
potong sampai terpisah
3. bagian yang tidak tetempel layout beri tanda garis kurang lebih 4 cm atau 8 cm tergantung keinginan
bagian tanpa layout di beri garis
4. potong garis tersebut sampai menjadi bagian bagian persegi panjang
potongan dari garis yang ada
5.beralih ke bagian yang tertempel layout. buatlah garis vertikal pada bawah alas yang terdapat layout

bagian bawah layout diberi garis vertikal


6.lanjutkan memberi garis horizontal sehingga berbentuk kotak-kotak. (bisa kalian ganti dengan motif tertentu
dan juga horizontal
7.setelah itu siapkan lem dan potongan persegi panjang. lem bagian persegi panjang pada garis bagian luar dengan posisi tegak. segera rekatkan supaya benar-benar rapi

sekeliling alas maket di tempel
8. setelah bagian luar benar-benar rekat. maka segera lem bagian dalam yang memiliki bagian terpendek. (vertikal)


9. kemudian tempel bagian yang lain sampai selesai.
sampai seluruh garis tertempel
10.siap beralih ke bagian pembuatan bangunan
alas maket jadi

Keterangan. : kekuatan alas tapak ini cukup penting. karena apabila kurang kuat maka saat semua bagian maket di tempel, bisa jadi  tapak mengalami penurunan. sehingga tidak estetis dan terkesan bangunan yang dibuat mau roboh.
.
silahkan liat bagian berikutnya  disini, dan untuk yang baru baca. silahkan buka bagian pertamanya dulu. klik disini

Penting : harap tidak mengcopy paste seluruh artikel ini. silahkan buat artikel sejenis dengan tulisan kalian sendiri.
boleh melakukan screenshoot atau print screen asal menulis sumber yang ada. (belajarlah kreatif) apalagi calon arsitek



5 Responses to "CARA MEMBUAT MAKET ARSITEKTUR (bag 2)"

  1. material dinding dari apa ya? trus buat ngerekatin biasa pakai apa selain lem tembak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dinding maket interior? Kertas pun bisa. Pvc board. Mount board. Kayu balsa.

      Lem G. Lem uhu. Lem kayu. Lem super.

      Delete
    2. Mount board belinya dmn ya mas?

      Delete
    3. Belum pernah pk mount board. Biasanya pvc board...

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Mhd_Tama. Powered by Blogger.

hayo...! nguntit.

PENGANTAR

BLOG INI MEMANG TIDAK SEKEREN DAN SEBERKUALITAS BLOG TEMAN-TEMAN SAYA. DENGAN ARTIKEL MENARIK DAN DESAIN YANG MEMUKAU.

KARENA INI ADALAH SAYA. SEMUA TENTANG SAYA.

Leboun-Kabe

berjalan

buku harian? saya mulai menulisnya sejak smp. saat itu ada yang memberi saran seperti itu.

walau saya cowok, tak masalahkan..!

Yang Lalu

Apakah saya tidak boleh kecewa dengan hasil yang saya dapatkan. setelah saya gagal berulang kali.?

PESAN

Maaf. akan Saya abaikan semua mimpi dan ambisi selama ini. dan itu merupakan keputusan yang tidak memerlukan persetujuan dari kalian

Sekarang

Saya begitu benci Arsitektur. begitupun Interior.

saya tidak akan ikut sayembara. saya tidak akan mencari IP, saya juga pasrah dengan tugas saya.

Hari yang lalu

Saya menjalani dunia yang tidak saya sukai. dunia dimana saya kehilangan jiwa saya.

tetapi saya selalu membanggakan dunia itu agar saya tidak terlihat menyedihkan. # dunia arsitektur.

Situasi

Ada yang sms, dataaang, ngomel dan tidak melakukan apa-apa.

abaikan saja sms geje, sebenarnya datang pun enggan. ngomel?? bingung dengan situasi yang ada aja. tidak melakukan apa-apa. ya seperti alasan sebelumnya.

yang terakhir. memang situ siapa?