adv

Mahad Sunan Ampel Al-Ali (UIN Maliki Malang)

UIN Malang ada mahad? siapa takut. sebelumnya ada gambaran lagu tentang MSAA silahkan download disini

masjid at-tarbiyah (putra )
masjid ulul-albab (putri) sumber : Lensa Indonesia

Adek-adek calon mahasiswa UIN Malang, jangan takut dengan Mahad atau Asrama yang ada di UIN Malang, mahad itu bukan penjara dengan sipir-sipir yag kejam, mahad bukanlah tempat doktrin kesesatan. Mahad adalah tempat menimba ilmu yang tidak ada di Perguruan tinggi yang lain, meskipun perguruan tinggi tersebut memiliki asrama.

Mahad Sunan Ampel Al-Ali, sebuah asrama yang memadukan prinsip pesantren dan keilmuan Universitas. disana kalian akan dididik menjadi lebih baik, jangan takut karena ada ilmu agamanya, karena itu berpengaruh terhadap akhirat kalian. jangan takut dengan kegiatannya, karena kalian akan menjadi pribadi yang lebih baik.

Adek adek calon mahasiswa UIN Malang, jangan berpikir yang macam-macam sebelum melaksanakan. kegiatan sehari-hari kalian di mahad gak banyak kok. cuma pagi sama maghrib dari senin sampai jumat.

pagi hari saat udara masih segar. kalian sholat shubuh berjamaah, kemudian ada shobahul lughoh dan dilanjutkan dengan kegiatan membaca kitab atau belajar al-quran, misalnya senin belajar membaca kitab maka selasanya belajar alquran. pagi hari yang menyenangkan.

kalau maghrib ada kegiatan misalnya dibaan,  kemudian muhadharah, kira-kira cuma 30 menit.

buat yang belum tahu Shobahul lughoh, kegiatan yang menggugah hati untuk menikmati nikmat tuhan yang Maha Esa dipagi hari. shobah yang berarti pagi lughoh yang berarti bahasa. artinya shobahul lughoh adalah kegiatan bahasa di pagi hari kegiatan ini bergantian hkalau hari ini bahasa arab, maka besok adalah bahasa inggris. kegiatannya juga outdor diawali senam pagi yang lucu, kadang menari-nari gak jelas. kemudian duduk dipinggir jalan bersama para pendamping alias musyrif musyrifah masing-masing.

Saya nggak bisa bahasa arab, gimana dong? jangan takut, Saya juga dulu gak bisa, tapi semuanya dibimbing dari awal. kalian tahu kenangan yang paling indah ketika kuliah di UIN Malang itu ada 3. karena Mahad, karena PPBA alias bahasa arab dan kampus. kalau kalian dikampus lain cuma ada satu kebahagiaan yaitu dikampus.

selama dimahad kegiatannya apa itu-itu aja? salah-salah banyak kegiatan terutama semester 2 ketika akan menjelang keluar mahad.  kegiatannya antara lain.

Manasik haji 

suasana manasik haji Sumber. UIN-Malang.ac.id
kemudian acara yang diadakan masing-masing mahad. ada MSAA idol. X-factor MSAA ada pula yang mengadakan pentas seni. bahkan lomba kreatifitas fashion daur ulang dan menampilkan bakatnya.  yang jelas rata-rata acaranya seru-seru.

sumber : MSAA.UIN-Malang.ac.id

sumber : MSAA.UIN-Malang.ac.id

sumber : MSAA.UIN-Malang.ac.id

sumber : MSAA.UIN-Malang.ac.id


acara lain yang tidak kalah seru adalah karnaval MSAA. kostumnya seru-seru. unik kreatif, menggelitik.

karnaval th 2011 Sumber :UIN_Malang.ac.id
lihat foto karnaval lain disini 

masih banyak acara yang lainnya. namun acara yang paling ditunggu-tunggu adalah Muwaddaah. ini ibaratnya acara perpisahaan. acara ini, sangatlah mengharukan, karena menjelang perpisahan, dan kemasannya paling totalitas dibanding acara mahad yang lain.

tahun 2012-2013 lihat lebih lengkap disini
kalau itu tahun 2012-2013 ini tahun 2013-2014

ini musyrif-musyrifah yang sedang narsis
kalian lihat suasananya meriah

dilapisi pencahayaan buatan yang entah berapa wattnya

para mahasatri yang serius memberikan penampilan terbaik


dan dekorasi yang simple

aksi yang memukau

paduan suara dadakan yang seabreg

kekompakan mahasantri dalam menjalin akhir kebersamaan
kalau menulis ini, dan mengingatnya. rasanya ingin kebali ke mahad, walaupun itu tidak mungkin, karena masa tinggal disana hanya selama setahun kecuali jadi musyrif musyrifah.

Sekian post kali ini, jangan takut masuk UIN Malang, lebih membanggakan, lebih kreatif, lebih inovatif, bersama MSAA UIN MALANG.

mars MSAA

SENANDUNG MSAA di MATAKU

sejauh mata memandang..
sayap-sayap putih berterbangan..
dengan senyum sang ulul albab..
di sudut-sudut Rumah-Nya..

ayat-ayat suci didendangkan..
seni, bahasa ditorehkan..
menjunjung tinggi ilmu Tuhan..
insan menoreh sejarah bintang..

reff:
MSAA....
namamu indah gelorakan jiwa..
gerak langkah keikhlasan semuanya..
menjadi tombak semangat sang pengabdi..
MSAA....
ma'had sunan ampel al-aly..
wajahidu fillahi haqqa jihadihi..
berjayalah... bersinarlah...
dengan ilmu, dengan akhlak dan pengabdian..
ulil abshar...ulil albab..
gelora jihad mahasantri ahlul jannah..

by: song of MSAA UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG










11 Responses to "Mahad Sunan Ampel Al-Ali (UIN Maliki Malang)"

  1. Kalau 1th nanti tahun selanjutnya msntrennya dmn?

    ReplyDelete
  2. Kalau 1th nanti tahun selanjutnya msntrennya dmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yulia. Setelah 1 tahun. Bisa menjadi pengurus di mahad, bisa mondok di sekitar kampus, bisa ngekos juga. Bisa ngontrak, ataubtinggal dirumah paman, bibi kamu yang tinggal dimalang. Semoga membantu.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Kitab yang dikaji di asrama apa saja?trus saya tidak punya saudara di malang gmn?

    ReplyDelete
  4. Kitab yang dikaji di asrama apa saja?trus saya tidak punya saudara di malang gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo tidak salah Ada dua kitab. Maaf tapi saya lupa kitabnya namanya apa.klo tidak salah. Salah satunya tadzhib.

      Delete
    2. Tidak punya saudara tidak apa-apa. Seperti Saya. Kan tinggal di asrama 1 tahun pertama

      Delete
  5. Saya maba uin malang, informasinya sangat membantu. salam kenal 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat. Kamu telah menjadi Mahasantri yang bukan sekedar mahasiswa.

      Delete
  6. Alhamdulilahh saya maba uin malang untuk biayanya bertempat di ma'had berapa ya

    ReplyDelete

Mhd_Tama. Powered by Blogger.

hayo...! nguntit.

PENGANTAR

BLOG INI MEMANG TIDAK SEKEREN DAN SEBERKUALITAS BLOG TEMAN-TEMAN SAYA. DENGAN ARTIKEL MENARIK DAN DESAIN YANG MEMUKAU.

KARENA INI ADALAH SAYA. SEMUA TENTANG SAYA.

Leboun-Kabe

berjalan

buku harian? saya mulai menulisnya sejak smp. saat itu ada yang memberi saran seperti itu.

walau saya cowok, tak masalahkan..!

Yang Lalu

Apakah saya tidak boleh kecewa dengan hasil yang saya dapatkan. setelah saya gagal berulang kali.?

PESAN

Maaf. akan Saya abaikan semua mimpi dan ambisi selama ini. dan itu merupakan keputusan yang tidak memerlukan persetujuan dari kalian

Sekarang

Saya begitu benci Arsitektur. begitupun Interior.

saya tidak akan ikut sayembara. saya tidak akan mencari IP, saya juga pasrah dengan tugas saya.

Hari yang lalu

Saya menjalani dunia yang tidak saya sukai. dunia dimana saya kehilangan jiwa saya.

tetapi saya selalu membanggakan dunia itu agar saya tidak terlihat menyedihkan. # dunia arsitektur.

Situasi

Ada yang sms, dataaang, ngomel dan tidak melakukan apa-apa.

abaikan saja sms geje, sebenarnya datang pun enggan. ngomel?? bingung dengan situasi yang ada aja. tidak melakukan apa-apa. ya seperti alasan sebelumnya.

yang terakhir. memang situ siapa?