adv

Sejuknya UIN Malang dihari bumi 2014

 


Pagi tadi, saat Saya memasuki gerbang UIN Malang, Saya dikejutkan dengan banyaknya kendaraan yang parkir dihalaman Masjid Tarbiyah UIN Malang yang bersebelahan langsung dengan gerbang masuk bagian belakang. ternyata, seluruh civitas UIN Malang dilarang menyalakan motor saat berada dikawasan kampus.berhubung setiap hari Saya jalan kaki, Saya tidak merasa terganggu dengan kegiatan itu. bahkan dengan senyum sumringah, Saya memperhatikan mereka yang wajahnya mulai cemberut saat mendorong motornya, padahal kaki yang masih kuat melangkah sejauh itu.

ditengah hiruk pikuk kegiatan aksi dorong sepeda tersebut. teman Saya, anak Jakarta yang herannya masih satu jurusan berkata, "Nggak guna, save earth, save earth itu, apaan coba. gak ngefek". mendengar perkataan seperti itu Saya Shock. bagaimana mungkin pemikiran pemuda masa kini tidak menilik sedikitpun tentang arti perubahan. bagaimana mungkin pemuda yang akan memimpin masa depan berkata seperti itu, hal sekecil apapun itu pasti akan membuat sebuah perubahan. contohnya uang 100 ribu ketika kurang 100 rupiah, maka kata 100 ribu itu akan tinggal kenangan, contoh yang lebih konkrit, saat tanggal 29 maret saat Earth Hour, dimana bangunan publik melakukan pemadaman masal. berapa energi yang dapat tersimpan, seandainya dia membayar tagihan listrik sebuah rumah, mungkin dia akan mengerti betapa bergunanya mematikan satu lampu itu, seandainya satu orang berhenti menggunakan motor untuk perjalanan ke kampus, berapa emisi karbon yang berkurang, walaupun sedikit semuanya pasti akan berpengaruh,

Akhirnya Saya berkata kepadanya, tidak ada yang tidak berpengaruh, ketika sehari ini mereka berhenti menggunakan motor, pasti ada perubahan disekitarnya walaupun sedikit. tetapi Saya cuma berkata seperti itu,  seharusnya  Saya perlu menambahkan beberapa kalimat, umur sehatmu lebih panjang beberapa detik bahkan beberapa menit saat mereka berhenti menggunakan motor, apakah itu tidak berguna, bagaimana saat ajalmu menjelang dan engkau menanti seseorang yang sedang berjalan di koridor rumah sakit tetapi tinggal sedetik dia membuka pintu, engkau telah menghentikan detak jantungmu. sedetik itu perlu karena hal kecil itu penting, namun Sayang sekali, itu hanya bisa Saya katakan dalam tulisan ini saja,


Berlanjut mengenai hari bumi di UIN Malang, sehari tanpa motor, siapa bilang tidak berguna, UIN Malang hari itu berkabut, tidak seperti biasanya, hal itu menandakan udaranya bersih. harumnya tanah dan sejuknya UIN Malang saat itu,  membuat suasananya seperti berada diluar negeri, dimana tiap jalannya berisi mahasiswa yang berpindah dari satu gedung ke gedung lain, berjalan santai tanpa takut ada motor yang mengagetkan, biasanya mereka tidak bisa berbincang akrab dijalan karena bisingnya kendaraan yang mengganggu, maka hari itu berbeda. jalanan tidak lagi berisi orang-orang indvidualis lagi, malah sebaliknya, karakter orang indonesia yang sosialis muncul saat itu. tampaknya UIN Malang memang sudah memantapkan langkahnya menjadi World Class University.

Sampai saat pulang pada pukul 14.30 udara UIN Malang masih sejuk. Saya sempat berbincang dengan teman Saya yang lain saat makan Siang, Pak Rektor membawa mobil. Namun yang mengendarai adalah supirnya, dan pak Rektor seperti Mahasiswa yang lain, berjalan santai ikut menikmati indahnya hari bumi di UIN Malang.

Hari bumi UIN Malang 2014 ini disukseskan oleh Organisasi intra kampus UIN Maliki Malang. akhirnya saya ingin berkata., Terimakasih kepada semuanya, semua rencana yang kalian buat, membuat Saya semakin bangga menjadi mahasiswa Ulul Albab berjiwa Pancasila.

Berikut sedikit foto dari kamera hp saya yang berkualitas sangat biasa.


mahasiswa UKM Menwa membantu proses pengawasan dengan naik sepeda

Jalan antara Gedung BJ. Habibie dan gedung megawati tanpa motor yang parkir sembarangan

setiap jalan terdapat sepotong bambu untuk mengamankan kendaraan bermotor

jarang-jarang bisa ngobrol ditengah jalan

bersihnya kampus UIN Malang

Banyak yang selfie ditengah sepinya jalan tanpa polusi udara dan suara di UIN Malang. berkah hari bumi.

Allah menciptakan manuia sebagai khalifah dimuka bumi ini, maka hendaklah engkau mensyukurinya sehingga engkau tidak memandang sebelah mata apa yang diciptakan untukmu, hendaklah engkau bersyukur karena itu meningkatkan keimananmu, maka hendaklah engkau bersyukur, karena itu meningkatkan kepedulianmu, dan hendaklah engkau bersyukur agar hidupmu semakin berkah. by Mhd Tama

saya sempat membaca sebuah post dari blog lain mengenai hari bumi UIN Malang 2012 klik disini

1 Response to "Sejuknya UIN Malang dihari bumi 2014"

Mhd_Tama. Powered by Blogger.

hayo...! nguntit.

PENGANTAR

BLOG INI MEMANG TIDAK SEKEREN DAN SEBERKUALITAS BLOG TEMAN-TEMAN SAYA. DENGAN ARTIKEL MENARIK DAN DESAIN YANG MEMUKAU.

KARENA INI ADALAH SAYA. SEMUA TENTANG SAYA.

Leboun-Kabe

berjalan

buku harian? saya mulai menulisnya sejak smp. saat itu ada yang memberi saran seperti itu.

walau saya cowok, tak masalahkan..!

Yang Lalu

Apakah saya tidak boleh kecewa dengan hasil yang saya dapatkan. setelah saya gagal berulang kali.?

PESAN

Maaf. akan Saya abaikan semua mimpi dan ambisi selama ini. dan itu merupakan keputusan yang tidak memerlukan persetujuan dari kalian

Sekarang

Saya begitu benci Arsitektur. begitupun Interior.

saya tidak akan ikut sayembara. saya tidak akan mencari IP, saya juga pasrah dengan tugas saya.

Hari yang lalu

Saya menjalani dunia yang tidak saya sukai. dunia dimana saya kehilangan jiwa saya.

tetapi saya selalu membanggakan dunia itu agar saya tidak terlihat menyedihkan. # dunia arsitektur.

Situasi

Ada yang sms, dataaang, ngomel dan tidak melakukan apa-apa.

abaikan saja sms geje, sebenarnya datang pun enggan. ngomel?? bingung dengan situasi yang ada aja. tidak melakukan apa-apa. ya seperti alasan sebelumnya.

yang terakhir. memang situ siapa?