adv

PA2: Proyek 1 Musholla

Sebenarnya. Saya merasa hasil dari tugas Saya ini. cukup "NGGILANI", walaupun begitu, Saya tetap menghargai karya Saya. oleh karena itu, Saya tidak meminjamkan kertas A2 Saya. dan sebagai ganti rasa tanggung jawab dan perhatian Saya terhadapa kalian ( maba 201*  -_- ) maka Saya akan memberikan file Saja, dan agar mereka tidak meminta berkali-kali. maka Saya meng"UNGGAH"nya disini.

UNTUK MELIHAT HASIL RANCANGAN PA2  : PROYEK MUSHOLLA  klik disini

Selamat menikmati dan mempelajari akan tetapi jangan mengambilnya mentah-mentah. Syukron Katsiiron.

cover PA2
covernya sungguh niat banget, secuil harapan dengan nama yang Saya blurkan, mata kuliah, NIM dan kelas dan sedikit sulur yang sangat mengagumkan.

PA2 : data kondisi eksisting tapak
kondisi eksisting dengan tingkat kelengkapan rendah mendekati cukup untuk standar PA2.

PA 2 : Analisis Tapak 1 (batas dan matahari)

PA 2: Anaisis Tapak 2  (view kedalam, view keluar, sirkulasi Udara /Angin)


PA2: Analisis tapak 3 (kebisingan, vegetasi)
PA2: Analisis Tapak 3 ( pencapaian dan sirkulasi, Curah Hujan)

oke itu adalah analisis tapak, peringatan buat kalian, kesalahan Saya adalah, analisis yang ada terkadang terpencar-pencar. tidak runtut, tidak semuanya berlanjut alias ada beberpa analisis yang berisi 1 solusi untuk semua alternatif, spesifikasi yang gak lengkap. 

Jadi dalam analisis haruslah jelas, berlanjut, dan lengkap. oleh karena itu Saya akan memberi tips.

tips 1 :  gambarlah site dan bentuk awal disetiap alternatif, artinya bentuk 1 pada analisis bentuk alternatif 1, selalu masuk alias digambarkan pada tapak alternatif 1 analisis yang berikutnya. baik matahari, angin. dan seterusnya.

Ibaratnya saat analisis bentuk kalian membuat kubus. dinding full tanpa lubang, kemudian kubus tadi tersentuh analisis angin. maka bentuk kubus tadi memiliki lubang angin dengan bentuk sekian. terkena analisis sirkulasi keluar masuk, akhirnya memiliki pintu. dan itu berlajut sehingga menghasilkan alternatif 1.

Saat alternatif 2 kalian memilih bentuk silinder full. kemudian tersentuh oleh analisis matahari bentukan silinder tadi terpengaruh dengan kanopi, akhirnya memiliki tonjolan berupa kanopi, kemusian tersentuh analisis air hujan, hingga akhirnya memiliki atap. jadilah alternatif 2.

tips 2 : jangan buat penjelasan yang bertele tele.

contoh. pada tapak menggunakan vegetasi A karena vegetasi A memiliki batang yang lebar dan memiliki dahan serta tajuk yang besar, dengan adanya batang yang lebar maka menjadikan vegetasi A sebagai lambang kekuatan dan supremasi bangunan tersebut, adapun batangnya dapat dijadikan sandaran oleh pengguna yang ingin bersantai dan berbincang-bincang ataupun hanya sekedar piknik. (gila lu ya....!)

itu adalah contoh yang salah.
padahal cukup begini saja. pada tapak menggunakan vegetasi A karena tajuk vegetasi A dapat mengurangi intensitas cahaya menuju tapak, sehingga ruang dibawahnya dapat dijadikan area bersantai pengguna.

tips 3. buatlah spesifikasi yang jelas.

contoh untuk mengatasi pergerakan angin yang cenderung menuju ke arah selatan. maka angin dibelokkan menggunakan vegetasi. (whatt??? vegetasi apa?. sebutkan dong. emangnya mau gunain tanaman seledri buat nahan angin?)

sudah jelas bukan... selanjutnya adalah  analisis Fungsi... kalau yang ini tidak perlu dijelaskan...

PA 2 : analisis Fungsi 1 (Fungsi, aktifitas, pengguna)

PA 2 : analisis Fungsi 2 (Kebutuhan ruang, ruang dan persyaratan)

PA 2 : Analisis Fungsi 3 (Diagram metrik, bubble diagram, blok plan)
Sekian dari laporan analisis Saya kepada kalian, semoga kalian tidak berkata meminjam gambar lagi, kalau mau penjelasan. maka silahkan mendatangi Saya. sekian. Terimakasih

lihat juga tugas saya yang lainnya.
HASIL RANCANGAN PA2  : PROYEK MUSHOLLA  klik disini






12 Responses to "PA2: Proyek 1 Musholla"

  1. terimakasih sangat membantu

    salam kenal saya juga mahasiswa arsitek uin malang angkatan 2013

    ReplyDelete
  2. Bagus,,, sangat membantu.. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. faojan, Salam kenal juga. sepertinya Saya tidak pernah melihat anda.
    della. gak ikhlas ketoro.

    ReplyDelete
  4. brohim... ojok mampir merene...hhh

    ReplyDelete
  5. tak kira siapa,,,gak taunya,,,
    pake nama libanon seh,,

    ReplyDelete
  6. oh, sekarang kalian berkomplot. hhh

    ReplyDelete
  7. Mantap jiwa.. kerja lembur bagai kuda harus ingat orang tua

    ReplyDelete

Mhd_Tama. Powered by Blogger.

hayo...! nguntit.

PENGANTAR

BLOG INI MEMANG TIDAK SEKEREN DAN SEBERKUALITAS BLOG TEMAN-TEMAN SAYA. DENGAN ARTIKEL MENARIK DAN DESAIN YANG MEMUKAU.

KARENA INI ADALAH SAYA. SEMUA TENTANG SAYA.

Leboun-Kabe

berjalan

buku harian? saya mulai menulisnya sejak smp. saat itu ada yang memberi saran seperti itu.

walau saya cowok, tak masalahkan..!

Yang Lalu

Apakah saya tidak boleh kecewa dengan hasil yang saya dapatkan. setelah saya gagal berulang kali.?

PESAN

Maaf. akan Saya abaikan semua mimpi dan ambisi selama ini. dan itu merupakan keputusan yang tidak memerlukan persetujuan dari kalian

Sekarang

Saya begitu benci Arsitektur. begitupun Interior.

saya tidak akan ikut sayembara. saya tidak akan mencari IP, saya juga pasrah dengan tugas saya.

Hari yang lalu

Saya menjalani dunia yang tidak saya sukai. dunia dimana saya kehilangan jiwa saya.

tetapi saya selalu membanggakan dunia itu agar saya tidak terlihat menyedihkan. # dunia arsitektur.

Situasi

Ada yang sms, dataaang, ngomel dan tidak melakukan apa-apa.

abaikan saja sms geje, sebenarnya datang pun enggan. ngomel?? bingung dengan situasi yang ada aja. tidak melakukan apa-apa. ya seperti alasan sebelumnya.

yang terakhir. memang situ siapa?