adv

Point-point Gambar Teknik : Ortografi dan Isometri (Kontruksi dan Tampak)

Tugas gambar Ortografi dan Isometri. (UTS Arsitektur semester 1)

oke. Gambar Ortografi adalah Gambar Kerja 2 dimensi. di mulai dari :
  • Denah
  • Potongan A-A (depan)
  • Potongan B-B
  • Potongan Atas
  • Tampak Depan
  • Tampak Samping Kanan
  • Tampak Samping Kiri
  • Tampak Atas

    Sedangkan Gambar Isometri adalah Gambar 3 Dimensi. dengan sudut Isometri 120o
  • Gambar Kontruksi
  • Gambar Potongan (Interior)
  • Gambar Tampak


    Nah kebetulan tugas saya ini baru ACC waktu saya nulis ini (setelah asistensi beberapa kali) jadi masih belum fix dan nggak saya tampilin disini... (nanti saja fotonya...!)
Nah beberapa point yang saya dapat setelah beberapa kali asistensi
ORTOGRAFI
  • Denah
  1. Hitunglah skalanya dengan benar jangan sampai salah. karena salah beberapa milimeter saja sudah berdampak besar terhadap gambar. Dan bakalan dikritik habis-habisan sama dosen asistensi.
  2. Jangan lupakan peil lantai (ketinggian tiap lantai). Ini sering sekali terjadi pada saya.
  3. Jangan lupakan garis atap imaginer. Sering sekali. Mahasiswa itu lupa. Karena memang proses menggambar garis atap imaginer mendekati akhir-akhir penyelesaiannya.
  4. Jangan lupa dengan detailnya. Mulai dari ukuran keramik. Ketersediaan meja. dan apakah ada perbesaran pada Kolom-kolomnya. bahkan CLOSET (kakus) harus sesuai ukurannya.
  5. Buatlah ukuran dengan detail.
  6. Buatlah garis yang lebih tebal untuk bagian yang terpotong. Dan lebih tipis untuk yamg tidak terpotong. karena denah adalah POTONGAN yang ditarik garis dengan jarak 100 meter pada tanah
  • Potongan
  1. buatlah keterangan material dengan benar.
  2. Kemiringan gording sama dengan kemiringan kuda-kuda. Ingat ya...!
  3. reng dan usuk gambar dengan jelas jangan terlalu tipis garisnya untuk usuk dan jangan lupa membuat reng karena sering kali orang lupa membuat reng karena ukuran gambarnya yang kecil
  4. Kamar mandi berTrasram, jadi lambang material trasram jangan dilupakan. rata-rata ketinggian trasram adalah 1.5 meter
  5. adanya plafon. Kecuali desainnya disengaja tanpa plafon
  6. ada bagian yang tampak. lihat garis potongannya didenah. Nggak semua bagian terpotongkan...! Letak garis potongan tidak harus ditengah

  • Isometri
kebetulan tugas kelas B adalah Isometri kontruksi (kelas saya) .sedangkan kelas lain hanya sekedar potongan..

jadi lebih rumit.

Yang perlu di ingat adalah buatlah bagian-bagian terpenting dulu mulai dari pondasi kolom dan balok. apalagi tugas saya dindingnya bertumpuk jadi ada dua bagian yang bertumpuk (MEMBINGUNGKAN)


  • atapnya itu terlihat empat bagian. > yang pertama terlihat kuda-kuda saja. Kedua ditambah usuk ketiga usuk dan reng dan keempat terlihat tampaknya alias gentengnya.
  • bagian bagian kecil seperti jendela jangan sampai ,melayang. jadi beri sedikit dinding.
  • notasi-notasi jangan sampai ketinggalan. apalagi kolom.  sloof dan pondasi.
oke itu adalah point-point yang saya dapat waktu saya asistensi dan temen saya asistensi.
(orang lain bermasalah dengan isometri kontruksi saya barmasalah dengan isometri tampak)

sekian dari saya, thank's.... 










0 Response to "Point-point Gambar Teknik : Ortografi dan Isometri (Kontruksi dan Tampak)"

Post a Comment

Mhd_Tama. Powered by Blogger.

hayo...! nguntit.

PENGANTAR

BLOG INI MEMANG TIDAK SEKEREN DAN SEBERKUALITAS BLOG TEMAN-TEMAN SAYA. DENGAN ARTIKEL MENARIK DAN DESAIN YANG MEMUKAU.

KARENA INI ADALAH SAYA. SEMUA TENTANG SAYA.

Leboun-Kabe

berjalan

buku harian? saya mulai menulisnya sejak smp. saat itu ada yang memberi saran seperti itu.

walau saya cowok, tak masalahkan..!

Yang Lalu

Apakah saya tidak boleh kecewa dengan hasil yang saya dapatkan. setelah saya gagal berulang kali.?

PESAN

Maaf. akan Saya abaikan semua mimpi dan ambisi selama ini. dan itu merupakan keputusan yang tidak memerlukan persetujuan dari kalian

Sekarang

Saya begitu benci Arsitektur. begitupun Interior.

saya tidak akan ikut sayembara. saya tidak akan mencari IP, saya juga pasrah dengan tugas saya.

Hari yang lalu

Saya menjalani dunia yang tidak saya sukai. dunia dimana saya kehilangan jiwa saya.

tetapi saya selalu membanggakan dunia itu agar saya tidak terlihat menyedihkan. # dunia arsitektur.

Situasi

Ada yang sms, dataaang, ngomel dan tidak melakukan apa-apa.

abaikan saja sms geje, sebenarnya datang pun enggan. ngomel?? bingung dengan situasi yang ada aja. tidak melakukan apa-apa. ya seperti alasan sebelumnya.

yang terakhir. memang situ siapa?