adv

Perbedaan antar dosen terkadang membuat kita bingung.

gambar oleh Mhd_Tama adaptasi dari Ayah mengapa Aku bebeda

Kalau membahas masalah dosen itu gak akan ada habisnya, tapi intinya satu, mereka selalu memberikan ilmunya dengan ikhlas agar bermanfaat. tapi, kalau bicara soal dosen terkadang ilmunya suka bikin buat bingung juga, bukan karena ilmunya jelek, tapi karena satu materi yang ketika diajarkan pada satu mata kuliah itu, berbeda dengan teori yang lain.

Contohnya, ketika Saya kuliah Perancangan Arsitektur.
saat itu waktunya untuk finishing menggunakan cat air dan waktu diperiksa, gambar Saya sudah diwarna, Asdos bilang kalau pakai cat air tu harus rapi dengan gradasi yang lembut,  jangan sama seperti pelukis, karena kalian itu arsitek bukan pelukis. dulu kan diajarin waktu dasar presentasi arsitektur. (mohon maaf kalau salah kata, intinya seperti itu)

"Nah loh" itu pikiran pertama Saya.

Soalnya waktu dulu ngambil mata kuliah Dasar presentasi Arsitektur ini Saya ngambil dosen yang lain dan Saya diajarin berbagai macam teknik cat air. salah satu-nya "wet onwet" teknik yang saya gunakan pada gambar itu. dan dosen DPA bilang gak harus halus dan rapi.

itu adalah salah satu perbedaan pertama. masih ada yang lain.

Tepatnya dalam mata kuliah yang sama. 
Asdos bilang, kenapa denah arsitektural kok gak dikasih karpet?
Saya jawab kan kalo gak pake AC mudah berdebu.
"Kata Siapa?"
jelas saja Saya gak ngejawab, Saya gak mau nyebut nama para dosen kalau masalah hal seperti ini, gak baik kan! karena semua dosen itu memberikan yang terbaik. tapi Saya gak bohong loh, Kalau tidak salah, dulu dalam mata kuliah interior, seingat Saya. hindari karpet kalau ruangannya tanpa AC. kalo ada AC bolehlah pake karpet.

Perbedaan itu boleh, tapi tidak jarang perbedaan itu tidak kami sukai. karena itu membuat kita bingung dalam menentukan arah. saya beri sebuah contoh, hanya sekedar contoh. 

Ketika seorang mahasiswa kuliah . dia mendapat dosen yang bernama Toni dan asdos bernama Ani, dua dosen ini memiliki perbedaan dalam hal prinsip. dari hal itu akan menimbulkan kecemasan dan dilema pada sang mahasiswa. dosen mensyaratkan ACC dari Asdos agar mendapat nilai.

Ketika sang mahasiswa mengikuti kata bu Ani Asdos, dia dapat ACC dan itu berarti boleh di nilai, akan tetapi ternyata nilai yang di kasih oleh pak Toni itu jelek, alasan pak Toni, Cara berfikir kamu harusnya dari sudut pandang ini.

Namun ketika dia mengikuti kata pak Toni, supaya dia mendapat nilai yang bagus. ia terganjal satu hal,bu Ani bilang kamu gak akan saya ACC kalo gak ngikuti sudut pandang seperti ini hancurlah pemikiran mahasiswa tersebut karena gak di ACC, sia-sia semuanya, karena dia gak akan di nilai oleh pak Toni, dari dua kondisi tersebut akhirnya sang mahasiswa memutuskan drop out.

Itu hanya pengandaian saja, namun hal itu bisa saja terjadi, Namun di balik semua ketidak sukaan akan perbedaan itu,  kami sebagai mahasiswa sangat senang dengan semua ilmu yang diajarkan oleh para dosen, terimakasih karena memberi kami semangat hidup ketika dibangku kuliah  ini. Jasamu sangat kami banggakan.


 






4 Responses to "Perbedaan antar dosen terkadang membuat kita bingung."

  1. Sungguh Mas Azam ini. Anda sebagai kakak angkatan,
    tidak boleh membully Saya dengan menulis ini di majalah

    ReplyDelete

Mhd_Tama. Powered by Blogger.

hayo...! nguntit.

PENGANTAR

BLOG INI MEMANG TIDAK SEKEREN DAN SEBERKUALITAS BLOG TEMAN-TEMAN SAYA. DENGAN ARTIKEL MENARIK DAN DESAIN YANG MEMUKAU.

KARENA INI ADALAH SAYA. SEMUA TENTANG SAYA.

Leboun-Kabe

berjalan

buku harian? saya mulai menulisnya sejak smp. saat itu ada yang memberi saran seperti itu.

walau saya cowok, tak masalahkan..!

Yang Lalu

Apakah saya tidak boleh kecewa dengan hasil yang saya dapatkan. setelah saya gagal berulang kali.?

PESAN

Maaf. akan Saya abaikan semua mimpi dan ambisi selama ini. dan itu merupakan keputusan yang tidak memerlukan persetujuan dari kalian

Sekarang

Saya begitu benci Arsitektur. begitupun Interior.

saya tidak akan ikut sayembara. saya tidak akan mencari IP, saya juga pasrah dengan tugas saya.

Hari yang lalu

Saya menjalani dunia yang tidak saya sukai. dunia dimana saya kehilangan jiwa saya.

tetapi saya selalu membanggakan dunia itu agar saya tidak terlihat menyedihkan. # dunia arsitektur.

Situasi

Ada yang sms, dataaang, ngomel dan tidak melakukan apa-apa.

abaikan saja sms geje, sebenarnya datang pun enggan. ngomel?? bingung dengan situasi yang ada aja. tidak melakukan apa-apa. ya seperti alasan sebelumnya.

yang terakhir. memang situ siapa?