adv

TUGAS UAS GAMBAR TEKNIK

Ini adalah tugas UAS gambar teknik yang saya alami saat menjadi mahasiswa Semester 1 Teknik Arsitektur UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. tugas ini dikerjakan selama 3 minggu. alhamdulillah ACC semua. nilai saya cuma 76 (lihat pada kop layout plan)


tipe rumah diundi. saya dapat

rumah tipe 60.
lantai keramik ukuran 30x30
bovenlicht tipe apa saya lupa
pintu berjalusi
atap asbes gelombang
yang saya ingat itu, serasa bangun rumah kuno. contoh gambar gambar dari dosen pun rumah kuno.
dan saya sedikit nakal dengan merubah desain dari dosen. padahal seharusnya memakai kuda-kuda kayu.  tapi apa boleh buat desain baru saya g memungkinkan menggunakan kuda-kuda yang serumit itu. so pake gewel.

berisi
1. cover
2. layout plan
3. siteplan
4. denah
5. tampak (depan dan samping)
6. potongan (A'A dan B'B)
7. perspektif eksterior (bisa pilih 1 tl atau 2 tl)
8. perspektif interior 1 tl
9. perspektif interior 2 tl

silahkan. dilihat.

COVER UAS GAMBAR TEKNIK SEMESTER 1

LAYOUT PLAN GAMBAR TEKNIK SEMESTER 1

SITE PLAN GAMBAR TEKNIK SEMESTER 1

DENAH GAMBAR TEKNIK SEMESTER 1
TAMPAK GAMBAR TEKNIK SEMESTER 1

POTONGAN GAMBAR TEKNIK SEMESTER 1
ISOMETRI KONTRUKSI GAMBAR TEKNIK SEMESTER 1

PERSPEKTIF INTERIOR 1 TL GAMBAR TEKNIK SEMESTER 1

PERSPEKTIF INTERIOR 2 TL GAMBAR TEKNIK SEMESTER 1

PERSPEKTIF EKSTERIOR 1 TL GAMBAR TEKNIK SEMESTER 1
tantangan paling berat adalah menggambar dengan hati, karena Saya cenderung emosi ketika mengerjakan UAS dengan nama tugas besar ini. kemudian selama perkuliahan, saya tidak mendapat materi layout dan siteplan. tentunya membuat bingung untuk orang baru seperti Saya. bahkan hp Saya yang notabenenya belum 3G dan masih mengandalkan gprs dan edge kalau ada serta memiliki layar hanya 2 inch saja, saya paksakan untuk berinternet ria dan menggunakan paket internet unlimited 1 bulan yang harganya 50ribu, hanya untuk mencari siteplan dan layout. 

tetapi nihil dengan kebenaran yang mudah saya fahami, ternyata layout adalah denah ditambah lingkungan sekitar, sedangkan siteplan adalah tampak atas dan lingkungan sekitar. kemudian saya belum faham bagaimana membuat pohon dengan benar, saya sudah menemukan contohnya dengan lengkap, tapi dosen Saya bilang "BELAJAR GAMBAR POHON LAGI", oh ada pertentangan antara dosen pengampu dan dosen asistensi. masih dalam kesulitan tak terduga, tugas kurang 1 minggu dan dosen baru memberikan kertas resmi ukuran A2 yang ternyata ukurannya lebih kecil dari standar yang ada. memang disuruh ganti gambar sepertinya. agenda setiap minggu satu kertas diganti satu minggu 8 lembar dan saya belum menyelesaikan perspektif pengganti saat pengumpulan. akhirnya saya potong kertas buat asistensi. rada aneh tapi masih bisa digunakan. kop yang ada pun merupakan kop pasrah. tidak menggunakan huruf teknik. memalukan sekali.

setelah mengalami kesulitan yang cukup panjang, akhirnya tugas selesai dikumpulkan. dan selama pengerjaan itu hal yang paling mudah menurut saya adalah isometri kontruksi. Saya enjoy mengerjakannya. dan nilai 76 ini sepertinya berkat isometri tercantik yang pernah saya buat sebelumnya. akhirnya harus mengucapkan sampai jumpa terhadap gambar teknik dan mengucapkan selamat datang kepada perancangan arsitektur 1.

 Oke sekian tugas besar UAS Gambar teknik pada semester 1 pada tahun 2012.

lihat juga tugas saya yang lain
1.  Daftar Tugas DPA (Gamtur)
2.  Daftar Tugas Perancangan Arsitektur 1 
3. Estetika dasar Trimatra dan Dwi matra
4. TUGAS HARIAN GAMBAR TEKNIK SEMESTER 1


7 Responses to "TUGAS UAS GAMBAR TEKNIK"

  1. Kak, kalo boleh tau waktu gambar/saat diberi tugas seperti itu ada contohnya ato tidak?

    ReplyDelete
  2. untuk tugas mingguan jelas seminggu sekali itu 1 lembar. (untuk semester awal/mata kuliah) tapi kalo seperti diatas yaitu tugas ujian, semua gambar diberi waktu 3 minggu sudah termasuk asistensi ke dosen.

    kalau contoh, tergantung kebijakan jurusan / dosen. kebanyakan harus mencari sendiri.

    Sukses ya...!

    ReplyDelete
  3. Gambarnya bagus" ya kak. salam kenal ya.
    saya sekarang maba di pts malang. saya juga mantan yang mengidam idamkan jurusan arsitek di UIN Malang. dan sampai saat ini juga masih mengiidamkan masuk kesana lagi, doakan saja tahun depan bisa lolos. AMIIN :-D.
    Oh hya kak, apa sih kesulitan yang kakak rasakan saat menjadi maba sampai semester kakak saat ini ? apakah sangat susah di jurusan ini ? apakah tugas yang banyak ? atau dosennya ? apa harus banyak" revisi tugasnya ? dan apakah situasi di kelas yang jarang ada ceweknya ? hehe. memang sih aku gak bisa apa" di dunia arsitek (gambar) tapi aku masih punya harapan untuk menjadi bisa kak, saya juga seriing melihat bahkan sangat senang lihat article yang berhubungan tentang arsitek kak.
    ini buat referensi aku saja kak. sapa tahu tahun depan bisa lolos di tempat dan jurusan seperti kakak. AMIIN

    ReplyDelete
  4. hai farid fahruddin. wah kenapa gak dilanjutin aja kuliahnya.

    kesulitan utama sih. bingung pahami maksud dosen asistensi. kan tiap semester beda asistennya. dan beda-beda pemikirannya. gitu aja sih.
    kalau revisi itu sudah biasa. tugas banyak? Saya sih udah terbiasa dari sebelum masuk Arsitek. jadi nggak masalah. kalau arsitek populasinya lumayan banyak, kalau elektro baru lah dikit.

    kalau memang ingin masuk jangan setengah-setengah. ya. semoga jawabannya ,membantu.

    ReplyDelete
  5. memang sudah nggak ada niatan untuk ngelanjutin kuliah disitu kak. rasanya berat bila nggak sesuai keinginan (malah curhat)

    iya sih kak, pertama - tama pasti minder dengan jurusan arsitek. karena disini kita pasti dituntut untuk jago, jago dalam hal (jago gambar, kuat matematika, dan pastinya tugas lembur) tapi selagi ada harapan untuk bisa pasti kita bisa, bukannya gitu kak ?

    oh ya kak. emangnya kakak masuk arsitek ini keinginan kakak sendiri atau tidak ? terus kakak pas maba itu sehari berapa tugas ?

    ReplyDelete
  6. hai farid, mungkin lebih enak tanya di gmail aja. oke saya jawab. Kuliah masuk karena apa? karena lolos SNMPTN Tulis, (keinginan awal bkn arsitek dan ingin univ. swasta). tapi karena lolos why not. :D.

    sehari tugas berapa? kan tugasnya tiap mata kuliah ada. yang jelas paling susah disemester awal itu, gambar teknik. tugas selembar tapi bolak-balik ngerjainnya. enggak pernah bener. udah gitu aja sih. gak berat-berat amat kalau udah niat dari awal.

    ReplyDelete
  7. Artikel yang sangat bermanfaat.

    Untuk informasi seputar arsitektur silahkan kunjungi juga website
    arsimedia.com

    Terimakasih.

    ReplyDelete

Mhd_Tama. Powered by Blogger.

hayo...! nguntit.

PENGANTAR

BLOG INI MEMANG TIDAK SEKEREN DAN SEBERKUALITAS BLOG TEMAN-TEMAN SAYA. DENGAN ARTIKEL MENARIK DAN DESAIN YANG MEMUKAU.

KARENA INI ADALAH SAYA. SEMUA TENTANG SAYA.

Leboun-Kabe

berjalan

buku harian? saya mulai menulisnya sejak smp. saat itu ada yang memberi saran seperti itu.

walau saya cowok, tak masalahkan..!

Yang Lalu

Apakah saya tidak boleh kecewa dengan hasil yang saya dapatkan. setelah saya gagal berulang kali.?

PESAN

Maaf. akan Saya abaikan semua mimpi dan ambisi selama ini. dan itu merupakan keputusan yang tidak memerlukan persetujuan dari kalian

Sekarang

Saya begitu benci Arsitektur. begitupun Interior.

saya tidak akan ikut sayembara. saya tidak akan mencari IP, saya juga pasrah dengan tugas saya.

Hari yang lalu

Saya menjalani dunia yang tidak saya sukai. dunia dimana saya kehilangan jiwa saya.

tetapi saya selalu membanggakan dunia itu agar saya tidak terlihat menyedihkan. # dunia arsitektur.

Situasi

Ada yang sms, dataaang, ngomel dan tidak melakukan apa-apa.

abaikan saja sms geje, sebenarnya datang pun enggan. ngomel?? bingung dengan situasi yang ada aja. tidak melakukan apa-apa. ya seperti alasan sebelumnya.

yang terakhir. memang situ siapa?